Musni Umar: Anies Dijelekkan, Disebut Pembohong, Gubernur Bodoh, Tapi Faktanya…

- 16 Februari 2022, 17:45 WIB
Anies Berhasil Duduki Posisi Puncak di Survei Capres, Musni Umar: Rakyat Cerdas dan Ingin Perubahan/Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Anies Berhasil Duduki Posisi Puncak di Survei Capres, Musni Umar: Rakyat Cerdas dan Ingin Perubahan/Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Tangkap layar YouTube/ Anies Baswedan/

GALAMEDIA – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan elektabilitas Anies BAswedan sebagai calon presiden (Capres) berada di urutan teratas di wilayah Jawa Barat.

Hasil survei terbaru SMRC periode 5-8 Februari 2022 tersebut dirilis pada Selasa, 15 Februari 2022 kemarin.

Untuk diketahui, pemilihan sampel dalam survei ini menggunakan metode double sampling dengan jumlah sampel sebanyak 640 dan random digit dialing (RDD) sebanyak 161.

Total sampel hasil kombinasi dua metode tersebut sebanyak 801 responden. Adapun, margin of error survei diperkirakan kurang lebih 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Target populasi survei SMRC ini adalah warga Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 76% dari total populasi pemilih di Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Selamat! Pratama Arhan Resmi Gabung Klub Liga Jepang, Tokyo Verdy, Mimpi Bek Kiri PSIS Terwujud

Hasilnya, Anies meraih posisi pertama dengan elektabilitas mencapai 17 persen diikuti Prabowo Subianto dengan 16,8 persen.

Berikutnya, di posisi ketiga ada Ridwan Kamil dengan 16,5 persen dan posisi keempat Ganjar Pranowo 14,9 persen.

Selanjutnya, ada nama Sandiaga Salahudin Uno yang terpaut cukup jauh dengan empat tokoh di atas, yakni hanya 3,7 persen.

“Dalam format pilihan semi terbuka dengan daftar 29 nama, empat nama mendapat dukungan yang cukup seimbang: Anies 17 persen, Prabowo 16,8 persen, Ridwan 16,5 persen, Ganjar 14,9 persen. Calon-calon lain di bawah 5 persen, dan yang belum tahu atau tidak menjawab 23,1 persen,” kata Manager Program SMRC, Sadiman Ahmad Selasa, 15 Februari 2022.

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x