Underpass Sriwijaya Diresmikan pada Tanggal 22, Bulan 2 Tahun 2022 Pukul 2 Siang

- 22 Februari 2022, 18:55 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Underpass Sriwijaya yang berada Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Selasa (22/2/2022).
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Underpass Sriwijaya yang berada Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Selasa (22/2/2022). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/
GALAMEDIA - Ditanggal cantik, 22 Februari 2022 tepat pukul 2 siang hari, Underpass Sriwijaya yang berada Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
 
Underpass sepanjang 850 meter dengan lebar 9 meter itu dibangun sejak pertengahan tahun 2021, dan rampung pada awal Februari 2022. Anggaran yang digunakan merupakan bantuan yang bersumber dari APBD Pemprov Jabar sebesar Rp105 miliar.
 
Sementara itu Pemkot Cimahi bertugas untuk mengeksekusi proyek tersebut. Dari total bantuan sebesar Rp105 miliar, nilai kontrak akhir dengan pihak ketiga sebagai pemenang lelang, yakni PT Nindya Karya disepakati Rp84 miliar lebih.
 
 
"Hari ini ditanggal 22, dibulan 2, ditahun 2022 jam 2, ada peristiwa bersejarah. Kita meresmikan penggunaan underpass pertama di Cimahi, Underpass Sriwijaya," kata Ridwan Kamil.
 
Pria yang masuk bursa calon presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu mengatakan, keberadaan underpass tersebut akan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. Selain itu, akses perekonomian juga diyakini akan meningkat.
 
"Mudah-mudahan warga Kota Cimahi bisa menerima dengan baik. Titip, ini infrastruktur yang tidak murah, maka rawat jangan sampai kotor dan semoga ekonomi semakin maju," imbuh Ridwan Kamil.
 
 
Setelah Underpass Sriwijaya, Pemprov Jabar juga berencana membuat Underpass Gatot Subroto yang lokasinya berdekatan. Bahkan, underpass tersebut sudah dibuatkan Detail Engineering Design (DED).
 
"Sedang direncanakan dulu, semua ada rencana dulu. Nanti setelah itu baru kita eksekusi," katanya.
 
Diresmikannya Underpass Sriwijaya itupun disambut gembira warga Kota Cimahi. Anak-anak hingga emak-emak sudah berkumpul di kawasan tersebut sejak pukul 13.00 WIB menunggu underpass tersebut diresmikan.
 
 
"Alhamdulillah senang udah bisa lewat sini. Jadinya nanti enggak macet lagi," tutur Listiani (45), salah seorang warga.
 
Ia berharap semua warga bisa sama-sama menjaga underpass pertama di Kota Cimahi itu. Listiani mengaku akan ikut menegur apabila ada orang yang sengaja mengotorinya.
 
"Kalau ada yang coret-coret (vandalisme) saya bakal ikut marahin kalau ketahuan," ujarnya.***
 
 
 

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x