Benarkah Gempa Dahsyat dengan Kekuatan Magnitudo 7,5 Akan Guncang Pasaman Barat? BMKG Berikan Penjelasan

- 28 Februari 2022, 11:28 WIB
Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa. /Pixabay/Tumisu

GALAMEDIA - Beredar kabar gempa bumi dahsyat dengan kekuatan magnitudo 7,5 akan mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Kabar tentang akan adanya ekuatan magnitudo 7,5 di Pasaman Barat, Sumatera Barat beredar di media sosial.

Badan Meteoreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) buka suara tentang kabar gempa bumi dahsyat dengan kekuatan magnitudo 7,5 akan mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan kabar yang beredar mengenai akan muncul gempa susulan berkekuatan magnitudo 7,5 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera adalah hoax alias kabar bohong.

Baca Juga: Bukan Hanya Serang Lansia, Asam Urat Juga Bisa Intai Kaum Muda, Ini 4 Langkah Pencegahan yang Bisa Dilakukan

"Saat ini tidak pernah kami informasikan aman ada gempa susulan sebesar itu. Tetapi potensi gempa patahan atau segmen angkola tertinggi magnitudo 7,5 sebagai mitigasi bencana," jelasnya seperti dilansir Galamedia dari Antara pada Senin, 28 Februari 2022.

Sementara ini, kata Dwikorita, gempa bumi yang melanda Pasaman Barat, Sumatera Barat yang terjadi pada Jumat, 25 Februari 2022 belum dapat dipastikan jenisnya.

Dwikorita mengatakan, BMKG masih menelusuri gempat bumi yang terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat apakah segmen angkola, sianok, segmen semangko atau ada patahan baru.

"Saat ini kami masih melakukan pengkajian terhadap segmen mana gempa yang terjadi di Pasaman Barat ini," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x