Kabupaten Pasaman Barat Pernah Diguncang Gempa Serupa Pada 1977

- 25 Februari 2022, 21:06 WIB
Gempa bumi bermagnitudo 6,2 terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Jum'at, 25 Februari 2022. Setidaknya, 2 warga dilaporkan meninggal dunia.
Gempa bumi bermagnitudo 6,2 terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Jum'at, 25 Februari 2022. Setidaknya, 2 warga dilaporkan meninggal dunia. /Tangkap layar Twitter/ @july_77a

GALAMEDIA - Gempa yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat,Sumatera Barat pernah terjadi pada 1977 dengan kekuatan 5,5 SR.

Demikian diingkapkan, Pakar Gempa Universitas Andalas (Unand) Padang Dr Badrul Mustafa di Padang, Jumat  25 Februari 2022.

"Di lokasi ini pada 1977 juga pernah terjadi gempa yang bersumber dari segmen Sumpur atau Angkola," kata Badrul.

Baca Juga: Welcome to The World! Hyerim Eks Wonder Girls Telah Melahirkan Bayi Pertamanya dengan Shin Min Chul

Ia menjelaskan Sumatera Barat dilalui oleh patahan geser yang bernama Sesar Semangko.

Sesar ini terdiri atas empat segmen, yakni Segmen Sumpur yang merupakan lanjutan dari segmen Angkola dan Barumun, kemudian segmen Sianok, segmen Sumani dan segmen Suliti di Solok Selatan yang berhubungan dengan segmen Siulak di Kerinci.

Ia mengemukakan gempa di darat dengan kekuatan 5,5 sampai 6,5 sudah bisa menimbulkan kerugian cukup besar sebab, kedalamannya sangat dangkal dan dekat dengan permukiman.

Baca Juga: ICMI Minta Jokowi Evaluasi Kinerja Menag, Andi Anzhar: Bila Perlu Diganti!

 "Saya bersama rekan-rekan geologi di Sumbar sering mengingatkan tentang potensi gempa di segmen ini, juga segmen Suliti di Solok Selatan," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x