Profil Sirkuit Mandalika yang Gelar MotoGP 2022, Dibanggakan Indonesia Tapi Pernah Disorot Dewan HAM PBB

- 16 Maret 2022, 16:32 WIB
Foto udara Sirkuit Mandalika atau yang secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit.
Foto udara Sirkuit Mandalika atau yang secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit. /Instagram@MotoGP

GALAMEDIA - Sirkuit Mandalika atau yang secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan sirkuit baru di Indonesia yang akan menggelar MotoGP.

MotoGP di Sirkuit Mandalika akan digelar mulai 18 Maret hingga 20 maret 2022.

Sirkuit Mandalika ini merupakan salah satu kebanggaan Indonesia, meski pernah mendapat sorotan dari Dewan HAM PBB. Kenapa ya?

Profil Sirkuit Mandalika sendiri cukup menarik disimak. Sirkuit balap ini terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan. Selain MotoGP, tahun 2022 ini Sirkuit Mandalika akan menggelar GT World Challenge Asia pada Oktober 2022.
Sirkuit Mandalika sebelumnya sudah menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Superbike putaran Indonesia pada 2021.

Baca Juga: Tiket MotoGP Mandalika Ludes Terjual, Jokowi: Antusiasme Masyarakat Sangat Tinggi

Sirkuit
Sirkuit Mandalika diklaim berkonsep sirkuit jalanan, di mana sirkuit akan dibuka untuk masyarakat jika tidak sedang menggelar balapan.

Sirkuit ini pada awalnya dikabarkan memiliki panjang 4,8 km,tetapi berubah menjadi 4,32 km dengan 19 tikungan. Desain sirkuit kemudian diperpendek lagi menjadi 4,31 km dengan 17 tikungan.

CEO MAndalika Grand Prix Association, Ricky Baheramsjah mengatakan, tikungan dikurangi karena faktor keamanan dan menggantinya dengan trek lurus untuk "menambah aksi overtaking." Selain itu, desain sirkuit juga dinilai "lebih menguntungkan salah satu pabrikan".

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x