Sejumlah Perguruan Tinggi di Jateng dan Yogya Antusiasi Transformasi Digital

- 29 Maret 2022, 05:48 WIB
Sejumlah Perguruan Tinggi di Jateng dan Yogya Antusiasi Transformasi Digital
Sejumlah Perguruan Tinggi di Jateng dan Yogya Antusiasi Transformasi Digital /pijar/

GALAMEDIA - Sebanyak 20 perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Yogya antusias pada proses digitalisasi kampus secara utuh.

Hal tersebut mengemuka dalam webinar "Accelerate Digital Transformation for Higher Education”, pekan lalu yang dibuka Djufri Ardian, Tribe Leader Education Divisi Digital Business & Technology PT Telkom Indonesia.

Hadir sebagai pembicara adalah Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D sebagai praktisi pendidikan dari Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi Universitas Gadjah Mada dan Soni Fajar Surya Gumilang S.T., M.T, (ahli ICT Assessment dari Telkom University).

Baca Juga: Anggota Polisi Meninggal Terkena Tembakan, Polda Sumsel Uji Balistik Proyektil Peluru

Menurut Widyawan, tantangan pendidikan tinggi dari pandemi antara lain sulitnya mahasiswa mendapatkan akses 24 jam ke semua informasi dan layanan, sulitnya dosen menerapkan model pembelajaran luring, bauran, dan daring, serta sulitnya dosen dan mahasiswa melakukan publikasi dan penelitian.

"Dari ketiga tantangan tersebut, ada dua tantangan yang saat ini masih sangat sulit diatasi yaitu sulitnya mahasiswa mendapatkan akses 24 jam serta sulitnya dosen menerapkan model pembelajaran luring, bauran, dan daring," katanya.

Fajar Hardoyono, perwakilan UIN Purwokerto, yang menjadi salah satu peserta dalam webinar tersebut, mengatakan, hal lain yang jadi tantangan adalah dengan adanya teknologi justru terjadi degradasi budaya akademik.

Baca Juga: Soal Hukuman Mati di Indonesia, Wamenkumham Sebut Bukan Hukuman Utama

"Seperti maraknya plagiarisme hasil karya dosen maupun mahasiswa yang sering terjadi,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah