AS Luncurkan Misi Astronaut Swasta Pertama ke Stasiun Luar Angkasa

- 10 April 2022, 16:07 WIB
Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.
Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS. /Dok. NASA/Roscosmos/Handout via Reuters/

 

GALAMEDIA - NASA, Axiom Space, dan SpaceX meluncurkan misi astronaut swasta pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) pada Jumat, 8 April 2022.

Kru multinasional empat orang itu terdiri dari Komandan Michael López-Alegría dan Pilot Larry Connor dari Amerika Serikat, Spesialis Misi Eytan Stibbe dari Israel, dan Spesialis Misi Mark Pathy dari Kanada.

Misi tersebut, dengan nama sandi Ax-1, diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX pada pukul 11.17 Eastern Time, atau pukul 22.17 WIB, dari Kompleks Peluncuran 39A yang bersejarah di Kennedy Space Center NASA, Florida.

Sekitar tiga menit setelah lepas landas, SpaceX mengonfirmasi cut-off mesin utama dan pemisahan tahap pertama dan Falcon 9 mendarat di pesawat tak berawak A Shortfall of Gravitas yang ditempatkan di Samudra Atlantik.

Wahana antariksa Dragon yang mendukung misi ini sebelumnya juga menerbangkan misi Demo-2 dan Crew-2.

Baca Juga: Ini 9 Game Bola Paling Seru di Android dan iPhone, Pas buat Ngabuburit

Para kru dijadwalkan melakukan penambatan (docking) dengan ISS sekitar pukul 05.30 Eastern Time (16.30 WIB) pada Sabtu (9 April 2022).

Dalam misi 10 hari tersebut, para kru akan tinggal selama delapan hari di ISS untuk melakukan sejumlah penelitian ilmiah, penjangkauan (outreach), dan kegiatan komersial lainnya, ungkap NASA.

Penelitian ilmiah mereka akan mencakup teknologi perakitan mandiri untuk satelit dan habitat luar angkasa masa depan, studi sel induk kanker, dan pemurnian udara, menurut Axiom Space.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x