KBB Berlakukan El-Parking, Kadishub: Upaya Meningkatkan Potensi PAD Melalui Retribusi

- 11 April 2022, 20:33 WIB
Dishub KBB Launching Aplikasi El-Parking di Cipatat, Senin 11 April 2022.
Dishub KBB Launching Aplikasi El-Parking di Cipatat, Senin 11 April 2022. /Prokompin Setda KBB/

GALAMEDIA - Terhitung mulai hari ini (Senin, 11 April 2922), pengelolaan parkir di Kabupaten Bandung Barat (KBB), khususnya dalam proses pembayarannya memberlakukan aplikasi El-Parking.

"Kami menyadari dengan keterbatasan APBD KBB, sehingga salah satu strategi untuk merealisasikan implementasi El-Parking adalah dengan strategi kolaborasi atau kemitraan terkait," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB Lukmanul Hakim pada acara Launching Aplikasi El-Parking di Cipatat, Senin 11 April 2022.

Lukmanul optimistis berdasarkan hasil perbandingan dengan Kota Medan dan Kota Cirebon, bahwa aplikasi yang ditetapkan di KBB lebih baik.

Baca Juga: Pemkot Cimahi Sosialisasikan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Menurutnya, bukan tidak mungkin inovasi digital tidak hanya sebatas pada El-Parking, namun ke depan akan mentransformasikan secara digital pelayanan perhubungan lainnya

"Termasuk dalam bidang transportasi dengan menerapkan Smart Terminal, Smart Shelter dan lainnya. Semua ini kita lakukan
semata-mata untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, tetapi juga untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah,' tandasnya.

Di samping itu, meminimalisir perilaku koruptif, meningkatkan PAD melalui retribusi, dan meningkatkan kesejahteraan para juru parkir yang "Someah" atau sopan, menarik dan amanah.

Baca Juga: Kejari Garut Tebar 1.000 Paket Takjil Buat Warga

Sementara itu, Plt. Bupati Bandung Barat menyebutkan bahwa digitalisasi bagi Penerintah Daerah saat ini merupakan sebuah keniscayaan, terlebih dalam rangka mewujudkan mimpi Bandung Barat Ekonomi Kuat 2030 yang harus ditunjang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan produktif yang didukung oleh digitalisasi pelayanan publik.

"Alhamdulillah Dishub sudah bisa menterjemahkan keinginan Bupati dalam rangka percepatan pelayanan publik. Saya sangat mengapresiasi diluncurkannya aplikasi Digital Parking ini," terangnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x