Mau Menyeberang Kembali ke Merak? Menhub Anjurkan Setelah 8 Mei 2022

- 7 Mei 2022, 15:32 WIB
Pelabuhan Merak Banten menjadi penyeberangan terpadat selama arus mudik Lebaran 2022.
Pelabuhan Merak Banten menjadi penyeberangan terpadat selama arus mudik Lebaran 2022. /kominfo.go.id

GALAMEDIA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat untuk menyeberang kembali ke Merak setelah 8 Mei 2022 untuk menghindari kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman.

Ia menambahkan puncak arus balik angkutan dari Bakauheni menuju ke Merak diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ini (7-8 Mei 2022), mengingat baru 37 persen pemudik yang kembali menggunakan mobil pribadi.

"Artinya ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam satu-dua hari ini. Saya mengimbau jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin atau Selasa (9-10 Mei 2022)," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Panjang, Lampung, Sabtu, 7 Mei 2022.

Menhub menjelaskan, untuk memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan.

Baca Juga: 101 Kepala Daerah Bakal Dijabat Plt pada 2022, Mardani Ali Sera Ungkap Potensi Bahaya

"Kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi Pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten," ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan, sebelumnya telah mengunjungi para penumpang Kapal Ciremai yang melayani arus balik di Pelabuhan Panjang.

Menurut dia, masyarakat merasa senang dengan adanya pelayanan kapal dari Lampung menuju Banten.

“Insya Allah ini akan menjadi format tiap tahun yang akan kita laksanakan di masa mudik” katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x