Apa Itu Halal Bihalal? Pentingkah Halal Bihalal? Berikut Arti, Makna, dan Tujuan dari Halal Bihalal

- 9 Mei 2022, 10:37 WIB
Ilustrasi Halal Bihalal. Halal bihalal adalah tradisi khas Indonesia. Pixabay/Olgaozik
Ilustrasi Halal Bihalal. Halal bihalal adalah tradisi khas Indonesia. Pixabay/Olgaozik /

GALAMEDIA - Dalam merayakan Idul Fitri atau lebaran, terdapat berbagai macam tradisi yang biasanya dilakukan oleh umat muslim.

Tradisi seperti Sholat Idul Fitri bersama, melakukan ziarah kubur, hingga berkumpul bersama sanak saudara pun dilakukan.

Selain ketiga hal tersebut, Halal Bihalal juga menjadi salah satu tradisi yang rutin digelar hampir seluruh umat muslim di Indonesia.

Baca Juga: Trending Meski Belum Tayang, My Lecturer My Husband Season 2 Bikin Warganet Tak Sabar: Kapan Tayang?

Halal bihalal adalah sebuah kegiatan yang rutin dilakukan usai Idul Fitri. Halal bihalal sendiri bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi.

Dalam kegiatan tersebut, biasanya umat muslim akan membuat sebuah pertemuan dan menggelar ajang saling memaafkan atas dosa yang telah diperbuat.

Halal bihalal sendiri biasanya digelar dengan skala yang cukup besar seperti dalam lingkup keluarga besar, kantor, hingga pemerintah.

Baca Juga: Spesifikasi Poco M4 5G, HP 5G Termurah Hanya 2,4 Jutaan

Dilansir Galamedia dari KBBI, Halal Bihalal adalah hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Halal bihalal biasanya digelar di sebuah tempat seperti auditorium, aula, dan sebagainya oleh sekelompok orang.

Halal bihalal sendiri ternyata merupakan tradisi asli asal Indonesia dan sudah menjadi ciri khas Indonesia untuk merayakan lebaran.

Baca Juga: Jet Hipersonik Tom Cruise dalam Top Gun: Maverick Diduga Jet Siluman Tempur SR-72 ASLI

Halal bihalal juga memiliki makna maaf memaafkan. Hal itu pun menjadi tujuan utama dari tradisi Halal Bihalal yaitu untuk saling memaafkan.

Tradisi ini juga kerap kali diadakan di sebuah tempat yang cukup luas sehingga bisa menampung orang-orang yang akan menghadiri kegiatan tersebut.

Selain menjadi ajang saling memaafkan, dalam tradisi Halal Bihalal juga bisa menjadi ajang untuk bersilaturahmi.

Baca Juga: Niat Puasa Syawal 6 Hari, Batas Waktu, dan Keutamaan Melaksanakannya

Sebagaimana diketahui, silaturahim merupakan kegiatan yang akan menggembirakan malaikat dan mendapat ridha dari Allah SWT.

Melakukan halal bihalal juga bisa mempererat tali persaudaran antar umat muslim dan dipercaya mampu menyusahkan iblis untuk menggoda manusia.

Halal bihalal memiliki pesan agar semua orang dapat selalu selalu berbuat baik dengan mau memaafkan kesalahan orang lain.

Baca Juga: Profil Ragil Mahardika, Gay Asal Indonesia yang Tinggal di Jerman: Akun TikTok, IG, Youtube, Agama

Hal itu penting dilakukan agar tercipta suasana rukun dan damai, serta menjalankan perintah Allah SWT untuk saling memaafkan.

Namun demikian, dalam menjalankan halal bihalal sebaiknya dilakukan dengan ikhlas dan bukan dilakukan hanya untuk pencitraan saja.

Hal tersebut penting ditekankan agar umat muslim yang melakukan halal bihalal bisa mendapat ridha dan berkah dari Allah SWT selama melakukan tradisi tersebut.***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x