Pemkot Cimahi Kembali Gelar Vaksinasi Rabies dan Flu Burung

- 9 Mei 2022, 19:10 WIB
Pemkot Cimahi Kembali Gelar Vaksinasi Rabies dan Flu Burung./Laksmi Sri Sundari/Galamedia
Pemkot Cimahi Kembali Gelar Vaksinasi Rabies dan Flu Burung./Laksmi Sri Sundari/Galamedia /

GALAMEDIA - Setelah sempat dihentikan sementara selama bulan Ramadan, kini vaksinasi rabies dan flu burung secara cuma-cuma alias gratis yang diinisiasi Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi kembali digelar, Senin, 9 Mei 2022.

Kali ini pelaksanaan vaksinasi berlangsung di Kelurahan Karangmekar, tepatnya di RW 8. Warga tampak antusias membawa hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksin rabies dan flu burung gratis tersebut. Kebanyakan warga membawa kucing dan anjing peliharaannya untuk di vaksin.

Jenis vaksin yang diberikan yaitu vaksin flu burung untuk ayam, bebek, dan entog, burung. Serta vaksin rabies dengan hewan sasaran kucing, anjing, monyet, dan musang.

Terlebih dahulu petugas melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan sebelum divaksin, jika dinyatakan sehat maka vaksin dapat diberikan. Setelah disuntik, warga mendapatkan kartu vaksin dan e-Sertifikat vaksin yang dikirim ke email masing-masing.

Baca Juga: Menko Airlangga Hartarto: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,1 Persen, Melebihi Pertumbuhan Global

"Waktu bulan puasa kemarin, untuk vaksin flu burung dan rabies stop dulu. Sudah kesepakatan dengan wilayah, untuk puasa dan Idulfitri vaksinasi distop dulu. Setiap tahun memang begitu. Hari ini kita mulai lagi di Kelurahan Karangmekar," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari.

Diakuinya, warga sangat antusias membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin rabies dan flu burung. "Tadi ada 35 ekor hewan yang di vaksin. Setiap pelaksanaan vaksin memang warga sangat antusias," ucapnya.

Untuk tahun 2022, Dispangtan Kota Cimahi menyediakan vaksin rabies sebanyak 1.000 dosis, serta 600 dosis vaksin flu burung.

"Kita siapkan untuk vaksin rabies sebanyak 1.000 dosis, sedangkan flu burung 600 dosis. Masyarakat cukup antusias. Kita tidak batasi jumlah hewan yang akan di vaksin. Selama vaksinnya tersedia kita layani, tapi jika stok menipis, akan diajukan bantuan ke Pemprov Jabar," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x