Profil Clement Turpin, Wasit Final Piala Champions Liverpool vs Real Madrid

- 17 Mei 2022, 12:17 WIB
Clement Turpin, Wasit Final Piala Champions Liverpool vs Real Madrid//Olah foto kolase thumbnail Twitter DailyMail
Clement Turpin, Wasit Final Piala Champions Liverpool vs Real Madrid//Olah foto kolase thumbnail Twitter DailyMail /

GALAMEDIA - UEFA telah mengumumkan Clement Turpin, pengadil asal Prancis sebagai wasit laga final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid.

Laga yang dipastikan bakal berlangsung panas ini digelar di Stadion Stade de France Paris, Prancis  pada 28 Mei mendatang.

Dikutip dari DailyMail ini menjadi final Liga Champions pertama bagi pengadil berusia 39 tahun tersebut.

Baca Juga: Spesifikasi Vivo X60 Pro 5G dan Harga Terbaru Mei 2022

Clement Turpin telah memimpin tujuh pertandingan Liga Champions musim ini, termasuk leg pertama perempat final Chelsea melawan Real Madrid di mana hattrick Karim Benzema membuat tim tamu menang 3-1.

Turpin juga memiliki pengalaman menjadi wasit klub finalis Liverpool musim ini saat membungkus kemenangan 2-0 atas RB Leipzig di leg kedua 16 besar.

Nama Clement Turpin sendiri bisa jadi paling akrab di telinga penggemar Manchester United. Ia memimpin laga menyesakkan Setan Merah di final Liga Europa tahun lalu kontra Villarreal.

Baca Juga: Spesifikasi Infinix Hot 10s, HP Tahan Lama Harga Satu Jutaan Saja

Kekalahan menyakitkan dengan skor 11-10 melalui adu penalti harus ditelan skuad Setan Merah saat tendangan kiper David de Gea melayang di atas mistar.

Sebagai pengadil, Turpin dikenal tak takut mengeluarkan kartu kuning hingga kartu merah untuk memastikan disiplin di lapangan.

Turpin misalnya mengeluarkan tiga kartu merah hanya dalam waktu delapan menit saat bentrokan pecah pada pertandingan grup Liga Champions antara Porto melawan Atletico Madrid pada bulan Desember lalu.

Baca Juga: Spesifikasi Nokia 5.1 Plus, Kualitas Bersaing Harga Sejutaan

Berikut ini profil singkatnya:

Clement Turpin lahir di Oullins, Prancis.

Rekam jejak Turpin sebagai wasit telah tercium sejak 2010 silam, di mana dirinya masuk dalam daftar wasit FIFA dan juga masuk dalam daftar wasit elite UEFA pada 2012.

Sebelum masuk dereten pengadil top UEFA, Clement Turpin sudah lebih dulu bertugas sebagai wasit FIFA sejak 2010.

Namanya ikut memimpin laga-laga internasional dan pertandingan high profile sekelas Piala Dunia 2014 dan Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G, HP Gaming Terbaik di Kelasnya

Di UEFA, Clement Turpin mulai mewarnai gelaran Liga Europa di musim 2010-2011 dan sejak  itu pula masuk daftar elite wasit UEFA.

Karier Clement Turpin sebagai wasit mendapat pengakuan dengan terpilih sebagai wasit terbaik Prancis versi majalah French Football.

Di tahun yang sama Clement Turpin memimpin laga bergengsi seperti di Euro 2016 dan masuk menjadi salah dari lima wasit FIFA yang ditugaskan di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Baca Juga: Spesifikasi Vivo T1 Pro 5G Resmi Dijual di Indonesia Lengkap dengan Harga dan Keunggulan

Laga-laga besar yang dipimpin Turpin terbilang banyak, termasuk Derby tertua Bulgaria antara Levski Slavia dan Slavia Sofia.

Tahun 2021 namanya ditunjuk memimpin laga panas final Liga Europa 2020-2021 antara Villarreal vs Manchester United.

Berkat rekam jejaknya yang oke, Clement Turpin dipercaya UEFA menjadi wasit final Liga Champions 2021-2022 antara Liverpool vs Real Madrid.

Baca Juga: Spesifikasi Vivo T1 Pro 5G Resmi Dijual di Indonesia Lengkap dengan Harga dan Keunggulan

Dari statistik diketahui, Turpin telah memimpin pertandingan Liverpool sebanyak tiga kali di mana The Reds meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

Sedangkan saat memimpin pertandingan Real Madrid sebanyak empat kali, Los Blancos selalu meraih kemenangan.

Hmmm...***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x