Dispernakan KBB Buka Call Center Satgas PMK, Ini Nomor Kontaknya

- 19 Mei 2022, 16:42 WIB
Peternak sapi perah di Lembang Kabupaten Bandung Barat
Peternak sapi perah di Lembang Kabupaten Bandung Barat /Dicky Mawardi/Galamedia/

GALAMEDIA - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuka layanan call center Satgas penyakit mulut dan kuku (PMK) di nomor 0811-2007-62.

Kepala Dispernakan KBB Undang Husni Tamrin mengimbau apabila peternak merasa khawatir dengan kesehatan ternaknya bisa menghubungi nomor telepon tersebut.

"Saya mengimbau para peternak dan pengusaha sapi potong proaktif melaporkan hewan ternaknya jika ditemukan indikasi PMK melalui layanan call center Satgas PMK," kata Husni, Kamis 19 Mei 2022.

Baca Juga: Resep Ikan Bakar Bumbu Kecap yang Praktis dan Bikin Lidah Bergoyang

Dikatakannya, call center bisa diakses peternak untuk melapor atau konsultasi kondisi hewan ternaknya sebagai antisipasi wabah PMK.

"Mencegah PMK, peternak harus lebih memperhatikan kesehatan hewan, termasuk kandangnya. Kepada konsumen kami juga sarankan membeli hewan ternak dari penjual yang sudah terpercaya," imbaunya

Berdasarkan data Dispernakan KBB, jumlah populasi sapi perah di wilayah Bandung Barat mencapai 21 ribu ekor yang berasal dari 5 ribu peternak. Sedangkan populasi sapi potong sekitar 3 ribu ekor dari total kebutuhan mencapai 4 ribu ekor.

Baca Juga: Prediksi Skor 2-0, LINK NONTON LIVE STREAMING Big Match INDONESIA vs THAILAND Semifinal SEA Games 2021

Terpisah, Wakapolres Cimahi, Kompol Niko Adiputra mengatakan, serangan PMK bisa berimbas kepada kelangsungan perekonomian para peternak.

Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan, pihak berwajib bersama pemerintah akan lebih selektif dalam memberikan izin masuk hewan ternak dari luar daerah.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x