Presiden Ukraina Usulkan Ganti Rugi Atas Serangan Rusia kepada Negarannya

- 21 Mei 2022, 13:08 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. /JANIS LAIZANS/REUTERS

GALAMEDIA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengusulkan kesepakatan resmi dengan sekutu-sekutu negara itu untuk memastikan Rusia membayar kompensasi.

Konfensasi tersebut untuk kerusakan yang disebabkan pasukan Rusia selama perang.

Zelenskiy yang menyatakan Rusia berusaha menghancurkan sebanyak mungkin infrastruktur Ukraina, mengatakan, kesepakatan seperti itu akan menunjukkan kepada negara-negara yang merencanakan tindakan agresif bahwa mereka harus menanggung konsekuensi atas tindakan mereka.

Baca Juga: Menu Makan Siang Hari ini: Resep Sambal Goreng Ikan Kakap, Enak Bikin Ketagihan!

"Kami mengundang negara-negara mitra untuk menandatangani perjanjian multilateral dan membuat mekanisme yang memastikan bahwa setiap orang yang menderita akibat tindakan Rusia dapat menerima kompensasi untuk semua kerugian yang dialami," katanya dalam pidato video seperi dilansirkan Antara.

Zelenskyy mengatakan, di bawah kesepakatan seperti itu, dana dan properti Rusia di negara-negara penandatangan akan disita. Dana dan properti tersebut kemudian akan diarahkan ke dana kompensasi khusus.

"Itu akan adil. Dan Rusia akan merasakan bobot setiap rudal, setiap bom, setiap peluru yang ditembakkan ke kita," katanya.

Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 21 Mei 2022: Ricky Hapus Semua Bukti, Posisi Andin Makin Terpojok

Kanada bulan lalu mengatakan akan mengubah undang-undang sanksinya untuk memungkinkan aset asing yang disita dan diberi sanksi untuk didistribusikan kembali sebagai kompensasi kepada para korban atau untuk membantu membangun kembali negara asing dari perang.***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x