Mantan Striker Timnas Indonesia Jhonny Van Beukering Sekarang Jadi Satpam Klub Striptis

- 21 Juni 2022, 13:01 WIB
Mantan Striker Timnas Indonesia Jhonny Van Beukering  Sekarang Jadi Satpam Klub Striptis
Mantan Striker Timnas Indonesia Jhonny Van Beukering Sekarang Jadi Satpam Klub Striptis /



GALAMEDIA - Perjalanan hidup mantan pemain timnas Indonesia Jhonny van Beukering, berubah total setelah pensiun dari dunia sepak bola.

Jhonny van Beukering, yang memiliki nama panjang Jhonny Rudolf van Beukering ini, dikenal sebagai salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia pada tahun 2012, di bawah asuhan pelatih kawakan Nil Maizar.

Nasibnya berubah drastis ketika ia memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola profesional pada 2019.

Pemain kelahiran kota Velp ini, terpaksa mengambil pekerjaan menjadi penjaga pintu klub striptis karena butuh uang untuk menghidupi keluarganya.

Baca Juga: Hari Ini, Merapi Luncurkan Delapan Kali Guguran Lava Pijar Sejauh 1,8 Km

Kondisi keuangan yang tidak stabil membuat van Beukering harus rela menjalani profesi sebagai satpam klub striptis yang bernama De Nacht di Tilburg, Belanda.

Van Beukering bertugas di kelab tersebut tidak setiap hari. Ia datang ke sana pada akhir pekan dan mengaku tak masalah dengan profesinya yang sekarang.

“Kehidupan saya berubah dari surga menjadi neraka. Orang-orang tidak tahu betapa dalam saya terjatuh,” kata Van Beukering yang dilansir Galamedia dari  Algemeen Dagblad.

“Saya kehilangan segalanya. Benar-benar segalanya. Kami harus hidup dengan keluarga dengan penghasilan €50 (sekitar Rp. 77 ribu) per pekan,” Van Beukering menambahkan.

Baca Juga: TERUNGKAP Manchester United Gagal Rekrut Darwin Nunez Gara-gara 'Penghinaan' Presiden Benfica Rui Costa

Selain itu, Van Beukering menceritakan kisah pedih yang didapatkannya dalam menjalani hidup. Ia berharap tidak ada pesepakbola lain yang mengikuti jejaknya.

"Saya berdiri di sana, di gereja atau di depan masjid, memberikan paket sembako dari Bank Makanan. Paket sembako yang sebenarnya saya dan keluarga butuhkan sendiri, karena kami tidak punya apa-apa di rumah," ucapnya.

"Biarlah ini menjadi peringatan bagi pesepakbola lain yang berencana untuk memulai petualangan asing di negara yang istimewa. Pikirkan tentang uang Anda, ketahui apa yang Anda hadapi, jangan kaget," ia melanjutkan.

Selama karirnya di dunia sepak bola, pemain kelahiran negeri kincir angin ini, memiliki pengalaman yang mumpuni dengan bermain di beberapa klub besar Belanda.

Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 21 Juni 2022: Andin Dapat Petunjuk Keisya Anak Nino, Elsa Labrak Ricky

Klub yang pernah disinggahi van Beukering antara lain seperti, Vitesse Arnhem, PEC Zwolle, De Graafschap, NEC Nijmegen, Go Ahead Eagles, sampai Feyenoord Rotterdam.

Mengutip dari transfermarkt pada Selasa, 21 Juni 2022, puncak karir van Beukering sebagai pemain sepak bola profesional ketika ia berseragam NEC Nijmegen, dengan mencatatkan 63 penampilan dan berhasil memperoleh 20 gol untuk timnya.

Mempunyai catatan yang impresif membuat pemain ini diberi kesempatan untuk bergabung dengan klub papan atas Belanda yaitu, Feyenoord Rotterdam pada musim 2010/2011.

Penurunan karir terjadi ketika ia mulai memutuskan untuk melakukan naturalisasi dan bergabung dengan klub Indonesia, yaitu Pelita Jaya.

Usai di naturalisasi, Van Beukering melakukan debut bersama timnas Indonesia terjadi pada Oktober 2011. Ketika itu, ia tampil dalam laga uji coba melawan Timor Leste.

Baca Juga: KABAR DUKA Mantan Bupati Kuningan dan Manajer Persija Jakarta, H. Aang Hamid Suganda Wafat

Setelah tak bermain bola, selain  bekerja sebagai satpam di klub striptis dan ia juga dikabarkan bekerja di tempat perawatan kesehatan mental. Disana ia mengajar banyak hal, seperti senam lansia di kampung halamannya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x