Situ Ciburuy Tercemar LImbah Pabrik, Wanna Air Berubah Menjadi Hitam

- 15 Juli 2022, 16:18 WIB
Warna air Situ Ciburuy berubah menjadi hitam
Warna air Situ Ciburuy berubah menjadi hitam /Dicky Mawardi/Galamedianews/

GALAMEDIANEWS - Air Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam beberapa hari terakhir berubah menjadi hitam. Tak hanya itu, mengeluarkan bau tak sedap.

Perubahan warna air itu dikeluhkan warga yang tinggal di sekitar Situ Ciburuy. Mereka khawatir kondisi air yang hitam itu membahayakan kesehatan.

Perubahan warna air menjadi hitam diduga akibat limbah pabrik yang masuk ke situ yang populer dengan lagunya tersebut.

Baca Juga: Jemaah Haji Mulai Dipulangkan ke Tanah Air, Menag Kesal Masih Ada Jemaah yang Bawa Air Zam-zam di Tas Bagasi

Ketua RT 03/RW 13, Desa Ciburuy, Yayat mengatakan, warga yang paling terdampak ada empat RW, antara lain RW 7, 8, 13, dan 14

"Selain kondisi airnya hitam juga mengeluarkan bau menyengat. Kami khawatir keadaan ini membahayakan kesehatan warga," kata Yayat, Jumat 15 Juli 2022.

Sepengetahuannya, di sekitar Situ Ciburuy terdapat saluran pembuangan limbah. Salurannya berada di samping kolam milik warga.

Baca Juga: Dekranasda KBB Gandeng Shopee, Tingkatkan Penjualan Produk UMKM hingga Menembus Pasar Internasional

"Diduga sumber pencemarannya dari pabrik yang ada di dekat Situ Ciburuy. Pernah kami bersama pihak desa melakukan mediasi, namun hingga kini belum ada titik terang," ujarnya

Ia mengungkapkan, perubahan warna air dan bau menyengat kerap terjadi setiap musim kemarau. Pada musim hujan, limbah cepat terbawa hanyut arus air.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x