Dahana Garap Rajata, Penghancur Tanpa Ketahui Musuh

- 26 Juli 2022, 13:27 WIB
  Tim Inovator PT Dahana usai melaunching Rajata di Pussenif AD, Cipatat, Bandung.
Tim Inovator PT Dahana usai melaunching Rajata di Pussenif AD, Cipatat, Bandung. /

 

GALAMEDIANEWS - PT.Dahana merilis inovasi terbarunya di bidang militer dengan meluncurkan Loitering Munition bernama Rajata.

Penghancur berteknologi tinggi ini memungkinkan personel yang menggunakannya dapat menghancurkan target tanpa diketahui musuh,

Senior Manajer Legal dan Komunikasi Perusahaa Dahana, Juli Jazuli kepada wartawan, Selasa 26 Juli2022 mengatakan, kalau inovasi terbarunya itu sudah dilakukan soft launching yang dihadiri oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan, serta Pusat Kesenjataan Infanteri TNI AD itu diselenggarakan di Kantor Pussenif AD, Cipatat, Bandung, pekan kemarin.

"Selain memperpenalkan hasil pengembangan inovasi terbaru juga diujicobakan. Nantinya kita akan diproduksi secara massal, "kata Juli yang mendampingi Direktur Teknologi dan Pengembangan Dahana, Suhendra Yusuf RPN.

Baca Juga: Kunker ke Babel, Kepala BPIP Yudian Wahyudi Ajak Santri dan Dosen Jaga dan Perkokoh Pancasila

Suhendra menyebutkan kalau teknologi Rajata ini merupakan hal baru dan pertama yang diproduksi di Asia Tenggara.

“Teknologi Rajata memungkinkan personel yang menggunakannya dapat menghancurkan target tanpa diketahui musuh, Rajata dapat menjadi salah satu alternatif solusi penggunaan rudal karena nilainya yang lebih ekonomis, serta memiliki tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan roket,” ujar Suhendra.

Loitering Munition atau dikenal merupakan pesawat tanpa awak untuk melakukan misi self destroyer dengan sistem loiter (berkeliling) di area sasaran untuk mencari target sebelum menyerang. Senjata ini biasanya digunakan untuk menyerang target-target yang memerlukan respon cepat ketika terdeteksi.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x