Pasar Merespons Positif Potensi Pemulihan Ekonomi, Rupiah Ikut Menguat

- 24 Juni 2020, 10:02 WIB
Ilustrasi/dok
Ilustrasi/dok /

GALAMEDIA - Hari ini, Rabu, 24 Juni 2020, nilai tukar atau kurs rupiah terhadap sejumlah mata uang, khususnya dolar AS, mengalami perubahan. Pada transaksi antarbank di Jakarta, rupiah bergerak menguat.

Kondisi tersebut dipicu potensi pemulihan ekonomi global. Sementara ini, rupiah dibuka menguat 52 poin atau 0,36 persen menjadi Rp 14.110 per dolar AS. Sebelumnya rupiah ada di Rp 14.162 per dolar AS.

"Hari ini ada potensi penguatan untuk rupiah terhadap dolar AS karena pasar kembali merespons positif potensi pemulihan ekonomi di tengah pandemi," ujar Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Warga Dunia yang Terinfeksi Virus Corona Dekati 9,5 Juta Jiwa

Ariston menambahkan, data indeks aktivitas manufaktur dan sektor jasa yang dirilis kemarin di kawasan Eropa, Australia dan AS, menunjukkan pemulihan.

Ia menilai kondisi itu telah memberi bukti bahwa pembukaan ekonomi dibutuhkan untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi.

Selain itu, lelang sukuk kemarin memperlihatkan minat investor yang masih tinggi terhadap Indonesia.

Baca Juga: Positif Corona di Jawa Barat Masih Terus Bertambah, Total 2.901 Orang

"Pemerintah berhasil menjual surat berharga melebihi target, yang berarti minat cukup tinggi. Dan ini positif untuk rupiah," terangnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x