Sampai Bulan Agustus 2020, Tiga Pulau di Indonesia Bakal Rasakan Suhu Udara Lebih Dingin

- 3 Juli 2020, 21:40 WIB
Ilustrasi peta Indonesia (ui.ac.id)
Ilustrasi peta Indonesia (ui.ac.id) /

GALAMEDIA - Tiga pula besar di Indonesia pada Sabtu, 4 Juli 2020 akan merasakan fenomena lain. Suhu udara di pulau itu diprediksi akan lebih dingin dari biasanya.

Hal itu terjadi akibat adanya fenomena bumi menyentuh titik aphelion. Aphelion sendiri merupakan fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari.

Fenomena ini terjadi karena orbit bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna, melainkan berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60.

Baca Juga: Namanya Jadi Trending Topik di Twitter, Denny Siregar: Makasih ya Drun..

Secara lengkap, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut fenomena aphelion akan memberikan dampak yang bisa dirasakan di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Lebih lanjut, LAPAN menjelaskan fenomena aphelion secara umum tidak ada dampak yang signifikan pada Bumi. Hanya saja, suhu dingin akan datang saat pagi hari.

Dilaporkan cirebon.pikiran-rakyat.com dalam berita berjudul: "Besok 3 Pulau Indonesia akan Rasakan Suhu Lebih Dingin akibat Bumi Sentuk Titik Aphelion", suhu dingin diprediksi akan terjadi hingga Agustus nanti.

Kondisi tersebut sekaligus menjadi fenomena yang biasa terjadi pada musim kemarau.

Baca Juga: Meninggal karena Covid-19, Ayah Khabib Nurmagomedov Ternyata Seorang Veteran Perang

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x