Sebanyak 23.425 Peserta UTBK Mulai Bersaing Masuk UNS

- 5 Juli 2020, 15:37 WIB
Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ahad, 5 Juli 2020. (Tok Suwarto) /

GALAMEDIA - Sebanyak 23.425 orang peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dari seluruh Indonesia, mulai bersaing untuk diterima sebagai calon mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Mereka dijaring melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020.

Di hari pertama UTBK UNS gelombang I sesi pagi, Ahad, 5 Juli 2020, dari 620 peserta asal wilayah Surakarta yang terdaftar hadir 478 orang (77,1%). Sedang sisanya 142 peserta (22,9 %) dari luar wilayah Surakarta, tidak hadir sehingga harus ikut UTBK UNS gelombang II.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho mengungkapkan, UTBK yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada 2020 ini terbagi dalam tiga gelombang.

Baca Juga: Kasusnya Dikomentari Anak Buah AHY, Denny Siregar Mulai Sentil Partai Demokrat

Rinciannya, UTBK gelombang I diikuti peserta dari daerah sekitar pusat UTBK, gelombang II bagi peserta dari luar daerah lokasi pusat UTBK dan gelombang III untuk cadangan bagi yang tidak bisa ikut gelombang I dan II

"UTBK di UNS dilaksanakan di 14 lokasi ujian, terdiri dari 44 ruang berkapasitas total 620 peserta per sesi atau 1.240 peserta per hari," kata Jamal usai memantau pelaksanaan UTBK di kampus UNS Kentingan, bersama sejumlah pimpinan dan panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS.

Jamal mengungkapkan, total peserta yang terdaftar di Pusat UTBK UNS sebanyak 23.425 orang, berasal dari 30 provinsi. Jumlah tersebut terdiri dari 16.658 peserta atau 71 persennya berasal dari eks Karesidenan Surakarta.

Baca Juga: Kecewa Denny Siregar Sebut Santri Cilik Calon Teroris, Legislator Ini Bakal Kawal Proses Hukumnya

"Sisanya 6.767 peserta atau 29 persen berasal dari luar Karesidenan Surakarta," terang dia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X