Ini Dia Afirmasi Virus Corona-19, Sebuah Metode Hipnosis yang Dikembangkan Unpad

- 6 Juli 2020, 13:14 WIB
EKSPRESI rasa cemas.*
EKSPRESI rasa cemas.* /PEXELS/

GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia telah menimbulkan kepanika, rasa takut stress, dan cemas di kalangan masyarakat tanpa terkecuali.

Melihat fenomena ini, Universitas Padjajaran (Unpad) mengembangkan inovasi metode hipnosis guna mengurangi rasa takut, stres, dan cemas di masyarakat akibat adanya pandemi Covid-19. Metode tersebut dinamakan “Afirmasi Virus Corona-19”.

Inovasi tersebut menurut Direktur Inovasi dan Korporasi Universitas Padjajaran, Diana Sari M.Mgt PhD mengatakan, merupakan inovasi di luar bidang kesehatan yang juga bisa berkontribusi dalam penanganan pandemi. Menurutnya, kecemasan berlebihan jika tidak ditangani dengan baik akan rentan menimbulkan gejala penyakit, termasuk di antaranya seperti gejala Covid-19.

Baca Juga: Gunung Berapi Raksasa Bersembunyi di Bawah Kota Hong Kong

"Bukan hanya kesehatan saja, tapi ada inovasi yang di luar kesehatan. Kan banyak nih sindrom saat lockdown, kebanyakan di rumah. Memang seperti di Jepang, di Korea banyak yang jadinya stres," ungkap Diana di Bandung, Senin 6 Juli 2020.

Inovasi itu dikembangkan melalui media audio visual yang didahului dengan pengisian formulir di laman https://injabar.unpad.ac.id/hipnosis/. Setelah mengisi formulir, nantinya masyarakat akan diarahkan menuju tayangan audio visual hipnosis.

Metode ini dikembangkan oleh tiga akademisi Unpad yang tergabung dalam kelompok peneliti hipnosis, antara lain Dr Gilang Yubiliana, drg, M.Kes (Fakultas Kedokteran Gigi), Dr Nani Darmayanti, M.Hum, (Fakultas Ilmu Budaya), dan Jimi Narotama Mahameruaji, M.Si, (Fakultas Ilmu Komunikasi).

Baca Juga: Dua Kebun Raya di Jabar Akan Dibuka Besok, Tiket Bisa Dibeli Secara Daring dan Konvensional

Ketiganya mengembangkan metode afirmasi dengan memanfaatkan media audio visual. Tujuannya agar media ini lebih efektif digunakan untuk proses hipnosis mandiri (self hypnosis) selama masa isolasi akibat pandemi berlangsung.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x