Libatkan 100 Dokter dan 12 Jam Operasi Mendebarkan, Bayi Kembar Siam Perempuan Berhasil Dipisahkan

- 17 Juli 2020, 10:05 WIB
Ilustrasi bayi. Pasutri bernama Jay Schwandt dan Kateri Schwandt ini sudah memiliki  14 anak laki-laki.   Dalam perjalanan rumah tangganya, pasutri ini mendambakan anak perempuan.
Ilustrasi bayi. Pasutri bernama Jay Schwandt dan Kateri Schwandt ini sudah memiliki 14 anak laki-laki. Dalam perjalanan rumah tangganya, pasutri ini mendambakan anak perempuan. /Pixabay/Laura Garcia

Bayi kembar siam berusia 13 bulan yang menyatu di bagian pinggul dari Vietnam berhasil dipisahkan. Kakak beradik mungil bernama Truc Nhi (Pohon Bambu Kecil) dan Dieu Nhi (Keajaiban Kecil) kini dalam kondisi  stabil.

Tapi semua ini berkat upaya masif mendebarkan yang melibatkan 100 tenaga medis. Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Jumat (17 Juli 2020) tim dokter berjuang bergantian dalam operasi yang berlangsung 12 jam di City Children's Hospital di Ho Chi Minh.

Baca Juga: FBI Turun Tangan Selidiki Peretasan Akun Twitter Tokoh Amerika Serikat

Baca Juga: Harga Emas di Jakarta, Bandung, Surabaya Lagi Turun Nih, Cocok Buat Investasi

Selama tiga bulan ke depan, recovery masih akan berlangsung secara intens. Para dokter akan membantu Truc dan Dieu untuk menumbuhkan kembali jaringan saluran pencernaan dan saluran kencing selain menutup panggul masing-masing.

Truc dan Dieu lahir melalui operasi caesar setelah dokter menyadari keduanya menyatu di bagian panggul. Berbagi nutrisi dari tali pusat mereka dinyatakan kekurangan gizi dan membutuhkan perawatan 24 jam setelah lahir.

Baca Juga: Perlahan Tapi Pasti, MU Mulai Mengintip Posisi Empat Besar

Baca Juga: Sempat Dinyatakan Positif Covid-19, Sekjen Komisi Yudisial Tutup Usia

Direktur rumah sakit Truong Quang Dinh mengatakan, “Kami bisa menyatakan operasi ini berlangsung sukses dan langkah pertama yang krusial. Proses pemulihan akan sulit dan lebih menantang bagi tim di rumah sakit. Tapi kami akan fokus dan melakukan segalanya."

Si kembar yang berbobot 14 kg hingga kini mampu beradaptasi dengan baik.  Tim inti yang terdiri dari sembilan dokter telah merencanakan operasi pemisahan sejak kelahiran keduanya pada Juni 2019.

Baca Juga: Ini Pesan Terakhir Omas Sebelum Meninggal Dunia

Baca Juga: Hari Ini 26 Tahun Lalu, Brasil Cetak Sejarah Raih Piala Dunia Keempat Kalinya

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x