Kakanwil Kemenag Menjadi Khatib di Masjid Al Amman Polda Jabar

- 17 Juli 2020, 15:07 WIB
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, DR. K.H. Adib, M.Ag. (foto: Humas Kanwil Kemenag Jabar)
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, DR. K.H. Adib, M.Ag. (foto: Humas Kanwil Kemenag Jabar) /



GALAMEDIA - PELAKSANAAN salat Jumat hari ini menjadi hal yang begitu istimewa bagi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat, DR. K.H. Adib, M.Ag.

Mengapa demikian? Karena begitu dirinya diamanahkan menjadi orang nomor satu di Kanwil Kemenag Jabar, kyai kelahiran Indramayu ini secara khusus diminta oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen. Rudy Sufahriadi, untuk menjadi Khatib di Masjid Al Amman Polda Jabar, Jumat (17/7/2020).

Tentu saja kepercayaan yang diberikan Kapolda Jabar tersebut membuat K.H. Adib tidak mau menyia-nyiakannya. Dengan mengambil tema yang sesuai dengan kondisi saat ini, K.H. Adib, memberikan pencerahan mengenai panduan Al Quran saat mengatasi kesulitan di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Irops Itjenau: Komunikasi dan Kerjasama Dukung Pelaksanaan Wasrik di Seskoau

Dalam pembukaan khutbahnya, Adib mengemukakan, pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, hampir semua lapisan masyarakat menemui kesulitan, terutama terkait kesehatan yang  harus terus dipertaruhkan.

Terlepas dari itu, ia menambahkan, sebagai umat Islam yang taat akan tuntunan Allah SWT harus tetap optimistis karena Allah SWT selalu ada untuk umat-Nya.

"Terdapat panduan yang sangat baik dalam Al Quran agar dimudahkan dalam memghadapi berbagai kesulitan, sebagaimana dalam surat Al Lail ayat 5-10," ungkapnya.

Baca Juga: Undang Makan Siang, Wapres Ajak Kalangan Ulama dan Ormas Islam Selesaikan Covid-19 dan Keumatan

Berdasarkan firman Allah SWT tersebut, ia mengambil tiga kesimpulan yang dapat dijadikan tuntunan dalam menghadapi kesulitah hidup terutama pada masa pandemi sekarang ini.

"Hal yang pertama yaitu hendaknya kita menjadi pribadi yang selalu dapat memberi walaupun kita sendiri dalam kesulitan. Seperti yang disebutkan dalam hadis bahwa sebaik-baiknya umat adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain," terangnya.

Kemudian, kesimpulan kedua dari Surat Al Lail ayat 5-10, ia menuturkan hendaknya menjadi manusia yang tetap istiqomah takwa kepada Allah SWT.

Baca Juga: Aktris Catherine Wilson Ditangkap Terkait Narkoba, Polisi Temukan Paket Sabu

"Takwa di sini adalah kita selalu merasakan kehadiran Allah SWT dalam setiap derap langkah kita, sehingga hal tersebut dapat membentengi kita dari hal-hal yang melenceng," jelasnya.

Kesimpulan yang terakhir atau ketiga, lanjut Adib, adalah meyakini bahwa setiap kebaikan apapun akan ditetapkan pahala dan balasan atas kebaikan tersebut dari Allah SWT.

Pada kedatangannya di Markas Polda Jawa Barat, K.H. Adib diterima langsung oleh Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol. A. Wiyagus.

Saat ini, yang dapat mengikuti salat Jumat di Masjid Al Amman Polda Jabar hanya dari internal Polda Jabar dengan menerapkan protokol Kesehatan, yaitu wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun oleh petugas, dan menjaga jarak. (efrie christianto)***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x