Cara Antisipasi Kejahatan Jalanan di Kota Bandung Menurut Ridwan Kamil

- 5 Januari 2023, 16:59 WIB
Ilustrasi kejahatan jalanan yang terjadi di Kota Bandung.
Ilustrasi kejahatan jalanan yang terjadi di Kota Bandung. /Pixabay/

 

GALAMEDIANEWS - Untuk mengantisipasi kejahatan jalanan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta masyarakat untuk meningkatkan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Sebab untuk mengantisipasi kejahatan tersebut merupakan PR bersama.

"Ini PR bersama. Berarti ada sistem sosial kita yang harus disempurnakan. Makanya siskamling kita tingkatkan lagi. Apakah dengan siskamling aparat keamanan tidak bekerja? Kan tidak juga. Keamanan kewajiban bersama," kata Ridwan Kamil ketika dimintai tanggapan soal maraknya kejahatan pada malam hari yang terjadi di Kota Bandung, Kamis 5 Januari 2023.

Baca Juga: Jadwal Tayang PREMAN PENSIUN 8 yang Dibocorkan Kang Cecep, Bang Edi, Kang Ujang dan Aris Nugraha

Sebelumnya di ranah media sosial, warganet menyebutkan bahwa kondisi Kota Bandung saat ini seperti Gotham City. Hal ini karena kasus kejahatan jalanan di kota yang mulai marak belakangan ini.

Gubernur Ridwan Kamil mengaku sudah berkoordinasi untuk membahas hal itu. Pihaknya memastikan polisi terus bekerja untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Saya sudah koordinasikan yang ditangkap juga banyak. Jadi ini dinamika sosial, ini contoh ya, kejahatan itu sifat manusia. Kalau ada kejahatan belum tentu karena polisinya tidak bekerja, tapi memang sebagian kelompok masyarakat punya sifat melanggar hukum," ujarnya seperti dilansirkan Antara.

Baca Juga: Winter aespa dan BOA Tampil dalam Foto Teaser untuk 1st mini album ‘Stamp On It’

Ridwan Kamil mengatakan, secara statistik berdasarkan data akhir 2021, angka kejahatan di Jawa Barat relatif rendah dibanding populasi masyarakat provinsi ini yang hampir 50 juta jiwa.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x