BAHAYA! Chiki Ngebul, Jajanan Anak Sekolah yang Bikin Keracunan, Ini Langkah Tegas Kemenkes

- 8 Januari 2023, 14:50 WIB
Bahaya chiki ngebul bisa bikin keracunan, ini langkah Kemenkes untuk awasi jajanan anak sekolah yang satu ini.
Bahaya chiki ngebul bisa bikin keracunan, ini langkah Kemenkes untuk awasi jajanan anak sekolah yang satu ini. /PMJ News/

GALAMEDIANEWS – Chiki ngebul yang merupakan jajanan anak sekolah dilaporkan bisa menyebabkan keracunan.

Sebab, untuk membuat Chiki ngebul diperlukan zat nitrogen cair yang berpotensi menimbulkan keracunan, sehingga Kemenkes pun mengambil tindakan tegas.

Chiki ngebul merupakan jajanan anak yang kerap ditemukan di depan sekolah dan tampilannya menarik bikin penasaran untuk mencoba.

Baca Juga: RESEP Praktis dan Enak Buat Ide Bekal Anak Sekolah, Hanya Butuh 6 Bahan Murah Meriah

Namun adanya laporan kasus keracunan Chiki ngebul yang mengandung nitrogen cair, maka Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menempuh langkah pencegahan dan represif.

Kemenkes mengimbau kepada Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia serta rumah sakit untuk melaporkan kasus keracunan akibat jajanan tersebut.

Himbauan Kemenkes itu tertuang dalam Surat Edaran atau SE Kemenkes No.SR.01.07/III.5/154/2023 tentang Pelaporan Peningkatan Kasus dalam Penggunaan Nitrogen Cair pada makanan.

SE Kemenkes tersebut ditandatangani oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes Republik Indonesia, Yuli Astuti Saripawan, 5 Januari 2023.

Baca Juga: FANTASTIS!! Proyek Pembuatan Konten Masjid Al Jabbar Rp16,3 Miliar, Sebelumnya Biaya Pembangunan 1 Triliun

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x