Berkenalan dengan LAPOR, Layanan Bantuan Hukum Virtual Secara Gratis dari LBH PERS

- 7 Februari 2023, 20:00 WIB
Lapor adalah aplikasi bantuan hukum secara virtual dari LBH Pers./Tangkapan layar situs LAPOR
Lapor adalah aplikasi bantuan hukum secara virtual dari LBH Pers./Tangkapan layar situs LAPOR /

GALAMEDIANEWS - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers membuka layanan bantuan hukum secara gratis. Layanan virtual tersebut dapat diakses melalui pranala www.lapor.lbhpers.org.

Platform bertujuan untuk mewadahi pengaduan atau konsultasi hukum terkait isu pers, kebebasan berekspresi, hak atas keterbukaan informasi serta ketenagakerjaan pekerja media.

Galamedianews melakukan penelusuran ke situs LAPOR (Legal Aid Portal). Ketika memasuki laman utama disambut dengan tampilan situs yang dominan menggunakan warna hijau tua.

Terdapat fitur antara lain jadwal untuk konsultasi, kolektif advokat kebebasan berekspresi dan no kontak yang dapat dihubungi yaitu 0821-4688-8873.

Baca Juga: BMKG: Gempa Maluku 5 Menit Lalu Baru Terjadi, Kekuatan 4.2 Magnitudo, Kedalaman 10 Km

Fitur lainnya artikel mengenai isu pers dan Frequently Asked Question (FAQ) berisi 18 buah pertanyaan terkait advokasi semisal siapa yang berwenang menyelesaikan sengketa pers dan bagaimana tahapan penyelesaian perselisishan hubungan industrial.

Sebagaimana dikutip dari situs, LAPOR hadir untuk memudahkan publik memperoleh akses bantuan hukum secara cuma-cuma. Latar belakangnya karena LBH Pers menyadari akan keterbatasannya untuk diakses dari beberapa wilayah di Indonesia, sehingga masyarakat dari luar Jakarta akan sulit memperoleh bantuan hukum.

Laman LAPOR melayani konsultasi secara daring yang berlangsung dari hari Senin-Kamis pukul 9.00-15.00 WIB. Terdapat lima orang advokat yang berkontribusi dalam situs salah satunya adalah Ade Wahyudin yang merangkap selaku Direktur Eksekutif LBH Pers.

Lalu, siapa saja yang dapat melakukan pengaduan? Mengutip akun Instagram @lbhpers, berikut kategorinya.

Halaman:

Editor: Usman Alwasim

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x