Gempa dan Kancah Politik: Benarkah Erdogan dan  Bashar al-Assad Bisa Meraih Simpati dan Dukungan Internasional

- 9 Februari 2023, 13:26 WIB
Presiden Turki Tayyip Erdogan berbicara kepada media setelah gempa bumi mematikan di Kahramanmaras, Turki
Presiden Turki Tayyip Erdogan berbicara kepada media setelah gempa bumi mematikan di Kahramanmaras, Turki /Reuters/

 

GALAMEDIANEWS - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang dilanda gempa bumi dan bencana. Pada kesempatan itu, ia mengumumkan keadaan darurat di 10 provinsi dan mengerahkan tentara untuk menanggapi gempa bumi yang berkekuatan 7,8 skala Richter pada awal pekan ini.

Reuters melaporkan bahwa Presiden Erdogan mengatakan, "Kami akan lebih baik besok dan lusa. Kami masih memiliki masalah bahan bakar, tetapi kami akan mengatasinya." katanya sebagaimana dikutip dari Reuters pada  Kamis 9 Februari 2023.

Baca Juga: UNESCO Khawatir Gempa Bumi Akan Merusak Situs Warisan Dunia di Turki dan Suriah

 

Kemudian ia mengecam kritik terkait respon pemerintah. "Sekarang adalah waktunya untuk persatuan dan solidaritas. Pada saat seperti ini, kita tidak bisa membiarkan orang berkampanye secara negatif untuk mendapatkan keuntungan politik," kata Presiden Erdogan kepada para wartawan di provinsi selatan Hatay.

Namun demikian, bencana tersebut akan menjadi tantangan bagi Presiden Erdogan dalam pemilihan umum parlemen pada bulan Mei mendatang. Pemilihan parlemen diperkirakan akan menjadi yang terberat dalam masa jabatannya selama 20 tahun. Telah terjadi penghentian perdagangan selama lima hari yang belum pernah terjadi sebelumnya di Bursa Efek Istanbul.

Baca Juga: Gempa Turki dan Suriah: Jumlah Korban Tewas Diperkirakan akan Terus Meningkat

Halaman:

Editor: Fasya Askanti

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x