Gempa Turki dan Suriah: Jumlah Korban Tewas Diperkirakan akan Terus Meningkat

- 9 Februari 2023, 11:25 WIB
Orang-orang duduk di sekitar api di samping puing-puing dan kerusakan Gempa Turki./ Reuters/Suhaib Salem
Orang-orang duduk di sekitar api di samping puing-puing dan kerusakan Gempa Turki./ Reuters/Suhaib Salem /

GALAMEDIANEWS - Jumlah korban jiwa di kedua negara terdampak gempa dahsyat 78 SR itu diperkirakan akan terus meningkat karena ratusan bangunan yang runtuh di banyak kota menjadi kuburan bagi mereka yang tertidur saat gempa terjadi.

Pada hari Rabu, jumlah korban tewas di Turki meningkat menjadi 9.057 orang dan di Suriah menjadi setidaknya 2.950 orang, menurut pemerintah dan sebuah badan penyelamat yang bekerja di wilayah barat laut yang dikuasai pemberontak.

Pihak berwenang Turki mengatakan sekitar 13,5 juta orang terkena dampak di wilayah yang membentang sepanjang 450 km dari Adana di barat ke Diyarbakir di timur. Di Suriah, jumlah korban tewas mencapai Hama, 250 km dari pusat gempa.

Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa lebih dari 298.000 orang telah kehilangan tempat tinggal dan 180 tempat penampungan bagi para pengungsi telah dibuka, yang tampaknya berada di daerah-daerah yang dikuasai oleh pemerintah dan bukan kelompok oposisi.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Film Gita Cinta dari SMA, Tayang Hari Ini di Bioskop Indonesia, Prilly Sempat Menolak Main

Sementara itu, di kota Antakya, Turki, puluhan mayat, sebagian terbungkus selimut dan seprai dan sebagian lagi di dalam kantong mayat, tergeletak di tanah di luar rumah sakit.

Melek, 64 tahun, mengeluhkan kurangnya tim penyelamat. "Kami selamat dari gempa bumi, tapi di sini kami akan mati kelaparan atau kedinginan," katanya seperti dikutip melalui Reuters, Kamis, 9 Februari 2023.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x