Update Gempa Turki : Korban Meninggal Tembus Angka 8.000-an

- 8 Februari 2023, 21:20 WIB
Gempa Turki dengan kekuatan M 7,8 mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia/Antara news.
Gempa Turki dengan kekuatan M 7,8 mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia/Antara news. /Antara

GALAMEDIANEWS – Jumlah korban bencana alam gempa bumi yang berpusat di Turki selatan itu terus bertambah. Penambahan itu terdiri dari korban jiwa maupun korban luka – luka.

Pada hari ini Rabu tanggal 8 Februari 2023, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa korban jiwa akibat bencana gempa bumi yang terjadi di Turki ini bertambah. Sehingga korban jiwa akibat bencana alam gempa bumi ini sebanyak 8.574 (Delapan ribu lima ratus tujuh puluh empat) korban jiwa.

Selain itu, pada jumlah korban luka – luka juga mengalami peningkatan. Menurut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan jumlah korban luka – luka akibat bencana alam gempa bumi ini sebanyak 49.133 (Empat puluh ribu serratus tiga puluh tiga) korban jiwa.

Selain itu, banyak bangunan di Turki yang ambruk akibat bencana alam gempa bumi ini. Menurut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa per hari ini Rabu 8 Februari 2023 ada total 6.444 (Enam ribu empat ratus empat) bangunan yang hancur akibat bencana alam gempa bumi.

Baca Juga: Belasan Pemuda BANDUNG Tewas Akibat Kepanikan Massal di Kawasan Braga, Tragedi 9 Februari

Sebelumnya telah terjadi Gempa bumi yang berkekuatan 7,7 dan 7,6 Skala Richter. Gempa bumi ini berpusat di provinsi Kahramanmaras, melanda 10 provinsi dan berdampak pada lebih dari 13 (Tiga belas) juta orang.

Bukan hanya di negara Turki, beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, merasakan getaran kuat yang melanda negara Turki dalam waktu kurang dari 10 (Sepuluh) jam.

Pemerintah Turki telah berupaya mengerahkan semua sumber daya dan kemampuan untuk proses evakuasi korban bencana alam gempa bumi ini. Menurut pemerintah Turki melalui pihak berwenang yang Bernama AFAD menyampaikan bahwa Lebih dari 98.150 (Sembilan puluh ribu serratus lima puluh) personel SAR saat ini.

Personal SAR tersebut dikerahkan untuk melakukan evakuasi terutama pada korban yang masih tertimbun bangunan yang rubuh akibat gempa. Sementara itu, untuk mempercepat proses evakuasi bantuan negara lain juga telah tiba di Turki.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Anadolu Agency


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x