Merespon Gempa Turki dan Suriah: BAZNAS RI Mengirimkan Tim dan Bantuan 10 Miliar untuk Membantu Korban Gempa

- 8 Februari 2023, 16:54 WIB
Foto Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Ahmad, MA/dokumen humas baznas
Foto Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Ahmad, MA/dokumen humas baznas /

GALAMEDIANEWS - Merespons gempa berkekuatan 78 SR di Turki dan Suriah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI turut serta memberikan bantuan untuk membantu para korban gempa.

Bantuan senilai Rp 10 miliar berhasil dihimpun untuk memenuhi kebutuhan mendesak para pengungsi, antara lain logistik makanan, selimut, obat-obatan, tempat tinggal, dan bantuan lainnya.

Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Ahmad MA mengatakan, penyaluran bantuan ini merupakan bentuk realisasi dana zakat untuk korban bencana. Jumlah bantuan yang disalurkan kemungkinan akan bertambah tergantung kebutuhan di daerah bencana.

BAZNAS RI juga mengimbau BAZNAS Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/Kota untuk mengajak masyarakat membantu korban gempa di Turki dan Suriah.

Baca Juga: BI Menghadirkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023, Tahun ini Baznas Turut Berpartisipasi

Baca Juga: Raih Tiga Kali WTP, Baznas Kota Bandung Tingkatkan Kepercayaan Publik

"Ini merupakan bentuk kepedulian para muzakki yang telah menyalurkan dana zakatnya melalui BAZNAS untuk kemudian dikemas menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Turki dan Suriah."

Lanjut Noor Ahmad, saat ini banyak dari mereka yang sedang dalam perjalanan untuk melakukan kegiatan kemanusiaan bagi saudara-saudara kita di Turki dan Suriah," ujar Noor Ahmad dalam konferensi pers daring seperti dikutip dari laman baznas.go.id pada Rabu, 8 Februari 2023.

Noor Ahmad menambahkan, saat ini BAZNAS tengah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan bantuan bersama, di antaranya dengan Sekretariat Wakil Presiden, Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar setempat, para duta besar, PWNI dan lainnya.

Selanjutnya, BAZNAS juga mengirimkan personil untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah. Sebanyak lima orang staf turut serta, termasuk 2 orang dokter dari penerima manfaat BAZNAS dan staf lokal. 

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Baznas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x