Gempa Turki Suriah, Ini Dia Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui!

- 8 Februari 2023, 19:01 WIB
Gempa Turki Suriah, Ini Dia Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui!
Gempa Turki Suriah, Ini Dia Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui! /Twitter @hogrbe/

GALAMEDIANEWS - Gempa Turki Suriah terjadi pada hari Senin dini hari 6 Februari 2023. Pusat gempa berada tepat di utara wilayah perbatasan Turki Gaziantep, di provinsi Kahramanmaras, tetapi delapan provinsi telah terpengaruh.

Riak gempa menyebar dari Turki melintasi perbatasan ke barat laut Suriah. Gempa yang terjadi di pagi hari tersebut telah menewaskan lebih dari 5.000 orang.

Gempa tersebut berlangsung sekitar satu menit, menghancurkan lebih dari 6.000 bangunan di Turki dan Suriah dimana banyak ditempati oleh warga yang sedang tidur.

Survei Geologi Amerika Serikat (AS), yang melacak aktivitas seismik di seluruh dunia, mengatakan gempa terjadi pada kedalaman 17,9 km di mana lempeng tektonik Anatolia, Arab, dan Afrika bertemu.

Baca Juga: UPDATE Gempa Turki-Suriah: Korban Tewas Mencapai 8364 Orang

Baca Juga: Update Gempa Turki: Korban Meninggal Tembus Angka 5000-an

Di Suriah, di mana sebagian dari banyak kota telah dihancurkan oleh pengeboman selama 12 tahun dalam perang saudara yang berlarut-larut, banyak bangunan yang tidak kokoh secara struktural.

Daerah di mana gempa melanda juga berada di tangan kelompok-kelompok milisi yang sedang bersaing. 

Di bagian pedesaan Aleppo yang dikuasai oleh kelompok pemberontak, anggota unit pertahanan sipil yang dikenal sebagai kelompok Helm Putih bekerja untuk membebaskan mereka yang berada di bawah reruntuhan.

Kelompok itu mengatakan cuaca badai mempengaruhi kecepatan dan keamanan upaya penyelamatan.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: thenationalnews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x