Dahsyat, Gempa Bumi Turki Disebut Gempa Daratan Terbesar di Dunia, Apa kata Pakar? Simak Penjelasannya!

- 8 Februari 2023, 15:05 WIB
Beberapa bangunan yang rusak dan runtuh akibat gempa bumi di Hatay, Turki
Beberapa bangunan yang rusak dan runtuh akibat gempa bumi di Hatay, Turki /PIXABAY/Angelo_Giordano/

GALAMEDIANEWS - Gempa berkekuatan 7,7 SR, yang merupakan gempa terkuat di Turki sejak tahun 1999, terjadi pada hari Senin dan diikuti oleh gempa kedua beberapa jam kemudian.

Ribuan bangunan runtuh di beberapa kota di Turki dan Suriah, rumah sakit dan sekolah hancur dan puluhan ribu orang terluka atau kehilangan tempat tinggal.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 SR yang melanda Turki pada hari Senin merupakan "salah satu gempa bumi daratan terbesar" di dunia, kata seorang ahli sebagaimana dikutip dari media berita international AA.COM pada Rabu, 8 Februari 2023.

Ahli dari Jepang tersebut mengatakan bahwa 'dangkalnya pusat gempa menyebabkan kerusakan yang luas'.

Baca Juga: Gempa Turki, WHO Sampaikan Kepedulian pada Para Korban: Kami Semua Mendukungmu!

"Ini adalah gempa bumi besar yang tak terduga," kata Profesor Shinji Toda, menggarisbawahi intensitas gempa bumi yang menghantam Turki selatan sehari sebelumnya, yang menyebabkan lebih dari 5.400 orang tewas. 

"Ini adalah salah satu gempa bumi pedalaman terbesar di dunia," kata Toda, yang merupakan seorang profesor di International Research Institute of Disaster Science di Universitas Tohoku yang berbasis di Jepang.

Dia mengatakan kepada harian Jepang Asahi Shimbun bahwa gempa bumi tersebut "diperkirakan aktif di area yang luas sekitar 150 km hingga 200 km di sebelah barat Zona Sesar Anatolia Timur, yang dikenal sebagai sesar aktif."

Zona Patahan Anatolia Timur, kata profesor tersebut, adalah patahan mendatar (strike-slip fault) yang terletak di perbatasan antara Lempeng Arab dan Lempeng Anatolia.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: aa.com.tr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x