Penemuan suatu Objek di BAWAH LAUT PACITAN Jawa Timur, Gunung Baru?

- 16 Februari 2023, 17:20 WIB
Penemuan gunung bawah laut di perairan pacitan jawa timur / Badan Infromasi Geospasial
Penemuan gunung bawah laut di perairan pacitan jawa timur / Badan Infromasi Geospasial /

GALAMEDIANEWS - Badan Informasi Geospasial (BIG) melalui tim Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PPKLP) menemukan keberadaan suatu objek di perairan pacitan,Jawa Timur, setelah beberapa waktu lalu tim tersebut melaksanakan survei Landas Kontinen indonesia di wilayah selatan pulau jawa,Bali, dan Nusa Tenggara.

 

Survei yang berlangsung 52 hari tersebut bertujuan untuk mendapatkan data batimetri atau topografi bawah laut secara detail yang akan digunakan sebagai data utama penghitungan klaim luas landas kontinen ekstensi di luar 200 mil laut.

Pada survei tersebut tim menemukan objek gunung bawah laut (seamount) letak gunung bawah laut itu berada di 200 kilometer barat daya pacitan, menurut BIG munculnya gunung tersebut merupakan efek tumbukan lempeng Indo-Australia di Samudra Hindia.

Baca Juga: Program Kolaborasi Uniqlo dan Pemprov Jabar Resmi Berjalan, Peluang Emas Bangkitkan Sektor Industri Kreatif

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) tinggi gunung tersebut mencapai 2.200 meter dari dasar laut dan memiliki diameter 10 kilometer dengan kedalaman antara 3 hingga 4 kilometer dari permukaan air.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Badan Informasi Geospasial


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x