Bandung Diprediksi Hujan pada Februari 2023, Siapkan Biopori Antisipasi Banjir

- 24 Februari 2023, 14:27 WIB
Ilustrasi biopori untuk mencegah banjir.
Ilustrasi biopori untuk mencegah banjir. /Tangkapan layar YouTube Cleanomic/

 

GALAMEDIANEWS – BMKG memprediksi cuaca Kota Bandung pada bulan Februari 2023. Karenanya beberapa wilayah rawan bajir di Kota Bandung baiknya mempersiapkan lubang biopori sebagai antisipasi dini.

BMKG mengingatkan potensi hujan dengan intensitas tinggi masih akan mengguyur wilayah Indonesia hingga Februari 2023. Dengan curah hujan yang deras diharapkan untuk masyarakat yang berada di wilayah rawan banjir untuk waspada. Selain itu ancaman air sungai yang meluap dapat menjadi salah satu faktor banjir.

Faktor penyebab banji lainya bisa diakibatkan banyaknya saluran air yang tersumbat oleh sampah yang hanyut terbawa oleh aliran sungai atau sedikitnya resapan air sehingga air hujan tidak dapat meresap kedalam tanah dan terjadi banyak genangan air saat hujan melanda.

Baca Juga: Resep Kuah Bakso Sapi Rumahan, Bumbu Rahasia Untuk Ide Jualan

Biopori dapat menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda di musim hujan. Biopori adalah lubang resapan air yang membatu penyerapan air dengan mudah. Luban biopori ini mempunyai diameter 10 -15 cm dengan kedalaman 1- 2 meter. Lubang ini dapat di buat di halaman rumah atau di jalan yang biasa tergenang banjir saat hujan.

Prinsip kerja biopori seperti akar pohon yang merambat kedalam tanah. Lubang ini akan diisi sampah-sampah sisa makanan yang berfungsi sebagai makanan cacing atau hewan lainnya sehingga hewan-hewan ini akan membuat jalur di sekitar lubang biopori. Jalur ini lah yang nantinya akan menjadi jalur air dan meresap kedalam tanah.

Fungsi biopori selain sebagai resepan air juga sebagai cara untuk menjaga ketersediaan air tanah. Serta membuat tanah di sekitaran lubang biopori lebih subur. Karena sampah sisa makanan seperti tulang ikan, tulang ayam sisa sayuran dapat menjadi pupuk kompos yang dapat menyuburkan tanah.

Baca Juga: Sri Mulyani Bebastugaskan Pejabat Pajak dengan Harta Kekayaan Capai Rp56 Miliar

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: Semarangkota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x