Jadwal Imsakiyah Hari Ini, Sabtu 8 April 2023 untuk Kabupaten Sumedang

- 8 April 2023, 10:21 WIB
Bertepatan Dengan Nuzulul Qur'an Jadwal Imsakiyah untuk wilayah Kabupaten Sumedang Sabtu 8 April 2023./ Pexels @Abdulmeilk Aldawsari
Bertepatan Dengan Nuzulul Qur'an Jadwal Imsakiyah untuk wilayah Kabupaten Sumedang Sabtu 8 April 2023./ Pexels @Abdulmeilk Aldawsari /
GALAMEDIANEWS- Umat Islam di seluruh dunia, khususnya di Indonesia tengah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Puasa Ramadhan merupakan bagian dari rukun Islam ke 4, yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang sudah baligh, mampu, dan berakal dari waktu subuh hingga kumandang adzan maghrib.

 

 
Penting sekali untuk mengetahui jadwal imsakiyah yang berkaitan waktu imsak, subuh, maupun adzan maghrib, dan juga shalat fardhu lima waktu.
 
Memasuki hari ke 17 Bulan Ramadhan umat muslim juga harus tetap menjaga kesehatan dikarenakan tengah memasuki musim pancaroba yang disertai dengan cuaca ekstrim yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia khususnya, di Kabupaten Sumedang Jawa Barat agar tetap lancar dan bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.
 
Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama RI, Berikut Jadwal Imsakiyah untuk wilayah Kabupaten Sumedang hari ini Sabtu, 8 April 2023 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1443 Hijriah:
 

 

 
- Imsak: 4.25 WIB
- Subuh: 4.35 WIB
- Terbit: 5.47 WIB
- Dhuha: 6.15 WIB
- Zuhur: 11.54 WIB
- Asar: 15.11 WIB
- Magrib: 17.53 WIB
- Isya: 19.02 WIB
 
Selama bulan suci Ramadhan, banyak hal ibadah yang dapat dilakukan, Seperti membaca atau tadarus kitab suci Al Qur’an, bersedekah.,dan menunaikan zakat fitrah.
 
Zakat Fitrah, merupakan zakat yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, ketika kaum muslimin telah mengakhiri masa berpuasa mereka di bulan tersebut, hingga akhir bulan yang disusul dengan datangnya bulan Syawal.Bagi setiap muslim, diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah, Berdasarkan hadis berikut ini:
 
 

 

 
 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah, sebagai pembersih bari orang yang puasa dari segala perbuatan sia-sia dan ucapan jorok serta sebagai makanan bagi orang miskin. Siapa yang menunaikannya sebelum shalat id maka zakatnya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah shalat id maka hanya menjadi sedekah biasa. (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni dan dishahihkan Al Albani)
 
Bulan Ramadhan merupakan bulan terbaik untuk berdoa. Karena Allah SWT telah membuka pintu ampunan seluas-luasnya bagi hambanya berdoa dan memohon ampun untuk bertaubat. 
 
17 Ramadhan bertepatan dengan Nuzulul Qur'an yaitu pertama kali diturunkannya ayat Al-Qur'an yaitu surah Al-Alaq ayat 1-5 kepada Rasulullah SAW.
 
Memasuki Hari ke 17 bulan Ramadhan, berikut amalan bacaan doa lengkapnya.
 

Doa Hari ke 17 Puasa Ramadhan

 

 
اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْهِ لِصَالِحِ الأَعْمَالِ وَ اقْضِ لِيْ فِيْهِ الْحَوَائِجَ وَ الآمَالَ يَا مَنْ لاَ يَحْتَاجُ إِلَى التَّفْسِيْرِ وَ السُّؤَالِ يَا عَالِمًا بِمَا فِيْ صُدُوْرِ الْعَالَمِيْنَ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ
 
Allâhummah dinî fîhi lishâlihil a’mâli waqdhi lî fîhil hawâija wal âmâla yâ man lâ yahtâju ilat tafsîr was suâli yâ ‘âliman bimâ fî shudûril ‘âlamîn shalli ‘alâ muhammadin wa âlihith thâhirîn
 
Artinya:
"Ya Allah anugerahilah aku di bulan ini untuk bisa berperilaku yang baik dan kabulkanlah semua Hajat dan keinginanku. Wahai yang tidak memerlukan penjelasan dan pertanyaan. Wahai yang Maha mengetahui apa yang ada di dalam alam ini. Anugrahilah shalawat dan salam bagi Muhammad dan keluarganya yang suci"
 
 

Niat Puasa Ramadhan

 

Editor: Feby Syarifah

Sumber: bimasislam-kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x