Ujicoba Pemanfaatan Limbah Pabrik Menggunakan Bios 44 untuk Pertanian dan Perikanan

- 12 Agustus 2020, 16:00 WIB
Ujicoba Bios 44 pada Pertanian dan Perikanan /Engkos Kosasih/

GALAMEDIA - Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor IV/Majalaya Kabupaten Bandung kembali melakukan sebuah terobosan dalam ujicoba pemanfaatan limbah cair pabrik tekstil, Rabu 12 Agustus 2020. Ujicoba itu, pertama memanfaat limbah cair pabrik yang dicampur dengan cairan Bios 44.

Ujicoba kedua memanfaat limbah cair pabrik tekstil dengan cairan Bios 44 kemudian disiramkan pada tanah dengan menggunakan media pot tanaman. Hasil dari campuran cairan Bios 44, limbah cair pabrik dan tanah itu kemudian ditanami pohon produktif berupa bibit pohon nangka.

Ujicoba tersebut langsung dilakukan Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono H.S, bersama Danki Letda Arh Dadan Haidir dan Satgas Citarum Harum lainnya.

Baca Juga: Hasil Studi, Remaja Pengguna Vape Lebih Rentan Terkena Covid-19

"Jika ujicoba pemanfaatan limbah cair pabrik yang dicampur cairan Bios 44 dan tanah ini, kemudian ditanami pohon tumbuh subur. Artinya, limbah pabrik bisa digunakan untuk pertanian atau tanaman pangan maupun tanaman produktif lainnya, dalam upaya meningkatkan lumbung pangan untuk kebutuhan rakyat," kata Kolonel Inf Mulyono, Rabu.

Dikatakannya, dalam ujicoba yang dilaksanakan hari ini, bisa dilihat perkembangannya dalam lima hari kedepan. Menurutnya, jika tanaman itu layu pada bagian daunnya, tapi bukan tak berhasil melainkan perlu ada penambahan komposisi atau formula campuran lainnya pada media ujicoba tersebut. Di antaranya, bisa dicampur dengan gula, cuka, saos tiram, royco dan campuran lainnya.

"Bahkan dengan menggunakan campuran itu, cairan Bios 44 bisa digunakan untuk pakan ternak, khususnya dalam proses pembuatan pakan konsentrat. Saya sudah coba dan membuktikannya, cairan Bios 44 bisa digunakan untuk pembuatan pakan kambing. Kambing saya pun terlihat gemuk dan sudah beranak," katanya.

Baca Juga: Bupati Pastikan Pelayanan Tetap Jalan, Tidak Ada Kantor Tutup di Subang

Mulyono menuturkan, ujicoba pemanfaatan limbah cair Bios 44 dengan menggunakan cairan limbah pabrik ini dengan sasaran untuk pengembangan pertanian dan perikanan yang biasa dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

"Jika dalam ujicoba ini berhasil, dan tanaman yang sudah ditanam tak mati, bahwa limbah cair pabrik bisa dipakai untuk pertanian," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X