Bupati Cellica Nurrachadiana Temui Keluarga Dede Asiah PMI Karawang Tertahan di Suriah, Bagaimana Nasibnya

- 10 Mei 2023, 11:30 WIB
Bupati Cellica Nurrachadiana temui keluarga Dede Asiah PMI asal Karawang yang tertahan di Suriah
Bupati Cellica Nurrachadiana temui keluarga Dede Asiah PMI asal Karawang yang tertahan di Suriah /Instagram @celicanurrhadiana/

GALAMEDIANEWS - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menemui keluarga dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) diketahui sedang ditahan di Suriah karena penyaluran kerja ilegal.

Dede Asiah (DA) merupakan PMI asal Karawang yang saat ini tertahan di Suriah, berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, Dede Asiah mengaku melakukan kerja paksa dan dijadikan budak oleh majikannya. Diketahui Dede Asiah mengikuti penyaluran kerja secara ilegal.

Bupati Karawang bersama Tim dari Polres Karawang, serta perwakilan Kementerian Luar Negeri dan perwakilan dari perwakilan pemerintah Provinsi Jawa Barat, menemui anggota keluarga dari PMI yang ditahan di Suriah untuk mendalami informasi dan kondisi Dede Asiah saat ini.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG Link Streaming MLBB Indonesia vs Kamboja SEA Games 2023 Hari ini

“Setelah mendapatkan informasi beberapa waktu yang lalu terkait saudara kami, Ny DA, bulan lalu saya berinisiatif bertemu dengan suami, ibunda Ny DA” tulis Cellica di akun Instagram @cellicanurrhadiana.

Pemerintah Kabupaten Karawang saat ini tengah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI untuk Suriah untuk memastikan kondisi saudara Dede Asiah yang tertahan di Suriah dalam keadaan keselamatan.

“Alhamdulillah Pemerintah Pusat pun sangat merespon sangat baik dan positif, dan pada saat itu Ny DA berhasil diamankan sehingga dipastikan kondisinya sehat dan baik,” kata Bupati Karawang.

Namun, Dede Asiah masih terganjal kepulangannya oleh persoalan teknis, mengingatkan DA berangkat secara ilegal atau tanpa prosedur resmi, berbeda dengan PMI yang berangkat secara resmi. Oleh karenanya PMI asal Karawang ini harus menunggu lebih lama.

Pihak keluarga pun telah melakukan pertemuan dengan pemerintah desa, kecamatan, dan Dinas Ketenagakerjaan serta Polres Karawang untuk membahas rencana kepulangan dari Dede Asiah yang tertahan di Suriah. 

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x