Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Ini yang Dilakukan Gugus Tugas Jabar

- 13 Agustus 2020, 14:52 WIB
Sekretaris GTPP Covid-19 Jabar Daud Achmad. (Dok. Humas Pemprov Jabar)
Sekretaris GTPP Covid-19 Jabar Daud Achmad. (Dok. Humas Pemprov Jabar) /

GALAMEDIA - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar mengakui bahwa ada peningkatan kasus positif Covid-19 di Jawa Barat. Berdasarkan data dari Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar), pada 12 Agustus 2020 penambahan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 109 orang dari jumlah total 7.803 orang.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas Jabar, Daud Achmad, peningkatan kasus Covid-19 tersebut disebabkan adanya miss persepsi di masyarakat. Mereka beranggapan adanya pelonggaran atau dicabutnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan masuk masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) aktivitas sudah normal.

"Seperti yang sudah disampaikan gugus tugas nasional (pusat) bahwa dengan adanya pelonggaran, dengan dicabut PSBB dan adanya AKB dikira aktivitas masyarakat sudah normal, padahal tidak demikian. Dalam situasi saat ini pun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," ungkap Daud saat jumpa pers di GOR Saparua Bandung, Kamis 13 Agustus 2020.

Baca Juga: Coca-Cola Forest CCAI Sumedang Tumbuh Bersama Masyarakat

Dengan begitu, kata Daud banyak kasus baru yang menyebabkan angka positif warga yang terpapar Covid-19 bisa meningkat.

Untuk mengantisipasi hal ini, menurut Daud pihaknya melakukan 3 hal. Yakni tes lacak, rawat, dan isolasi. Tes massif terus dilaksanakan dan hasilnya pun dipercepat. Dengan tes tersebut gugus tugas akan cepat mengetahui mana yang positif dan yang tanpa gejala.

"Kalau sudah teridentifikasi, kami akan langsung melacak kontak erat dengan yang positif. Kemudian, mana yang harus dirawat di rumah sakit dan mama yang harus diisolasi, baik di rumah masing-masing atau diisolasi di tempat khusus," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga tetap mengimbau agar masyarakat disiplin menggunakan masker. Penelitian menyebutkan bahwa memakai masker sama dengan kondisi lockdown.

Baca Juga: Empat Bulan Tidak Berlatih Bareng, I Made : Feelingball Pemain Harus Terus Diasah

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x