Gempa Guncang Wilayah Kabupaten Bandung

- 16 Agustus 2020, 10:15 WIB
Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa. /net


GALAMEDIA - Sekitar pukul 09.20 WIB Ahad 16 Agustus 2020 wilayah Kabupaten Bandung diguncang gempa berkekuatan 3.4 magnitudo.

Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada di wilayah Artapela dan sekitarnya. Pada koordinat 7.26 LS dan 107.7 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Tenggara dengan kedalaman 3 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam laporannya mengatakan, bahwa gempa bumi tersebut bersifat dangkal dan kemungkinan dipicu akibat aktivitas sesar lokal di wilayah setempat.

Baca Juga: Jalur Gaza Diserang Pasukan IDF, Roket Sasar Kota di Israel, dan Bentrokan Terjadi di Perbatasan

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Artapela, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung dengan Skala Intensitas IV MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," tulis Hendro dalam laporannya.

Hingga pukul 09.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: PKS Tak Jadi Jomblo, Sandingkan Gun Gun dengan Dina Lorenza

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Hendro.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah