Pemkab Bandung Libatkan Masyarakat dalam Merancang Arah Pembangunan 20 Tahun ke Depan

- 14 Mei 2024, 21:18 WIB
Pemkab Bandung merangkul dan melibatkan masyarakat dalam merancang arah pembangun 20 tahun ke depan./ Diskominfo Kabupaten Bandung
Pemkab Bandung merangkul dan melibatkan masyarakat dalam merancang arah pembangun 20 tahun ke depan./ Diskominfo Kabupaten Bandung /

 

GALAMEDIANEWS -  Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Bandung, melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Bandung melibatkan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bandung untuk periode 20 tahun ke depan.

Hal ini dilakukan dalam rangka menggali aspirasi dan partisipasi aktif masyarakat dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung dalam 20 tahun ke depan.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh Pemkab Bandung adalah dengan menggelar Konsultasi Publik untuk membahas rancangan awal dokumen RPJPD dan Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045 tingkat Kabupaten Bandung serta sinkronisasi RPJPD dengan RPJPN nasional.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan sejak awal Pemkab Bandung berkomitmen untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat sebagai pihak yang merasakan manfaat dari program dan kegiatan pembangunan daerah dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Bandung.

"Pemkab Bandung mengajak masyarakat untuk memberikan kontribusi pemikiran sebelum RPJPD ini jadi regulasi dan disahkan dalam paripurna. Kalau ada saran dan masukan silakan disampaikan," ujar Dadang Supriatna, saat membuka Musrenbang RPJPD Kabupaten Bandung di Sunshine Hotel, Selasa 14 Mei 2024.

Baca Juga: Pemkab Bandung Kembali dapat Hibah dari Australia untuk Kampanye Perubahan Iklim, Rp 10,2 Miliar di Tahun 2024

Terlebih, posisi Kabupaten Bandung sebagai salah satu penyangga ibu kota Provinsi Jawa Barat sangat penting untuk menunjang pembangunan Provinsi Jawa Barat dalam 20 tahun ke depan.

Pria yang akrab disapa Kang DS ini juga menekankan pentingnya RPJPD Kabupaten Bandung tahun 2025-2045 untuk tetap berpedoman pada RPJPD Provinsi Jawa Barat dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2025 serta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah