HAJI 2023: Madinah Sangat Panas Suhu Capai 40 Derajat Celcius, Jemaah Indonesia Diimbau Lakukan Ini

- 28 Mei 2023, 19:25 WIB
Ilustrasi Kota Madinah di Arab Saudi.
Ilustrasi Kota Madinah di Arab Saudi. /Pixabay/Abdullah Shakoor

GALAMEDIANEWS - Musim haji 2023 sudah dimulai. Jemaah Indonesia diimbau untuk bersiap-siap menghadapi suhu udara yang sangat panas di Madinah.

Pengelolaan kesehatan penting karena suhu udara di Saudi sangat tinggi dibandingkan dengan Indonesia. Saat ini, suhu udara di Kota Madinah mencapai hingga 40 derajat Celcius.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta jemaah asal Indonesia untuk waspada, terutama pada jemaah haji lanjut usia (lansia) agar selalu menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Spesifikasi Helikopter Bell 412 yang Jatuh di Ciwidey Hari Ini

Baca Juga: HELIKOPTER JATUH di Ciwidey, 5 Kru dalam Kondisi Selamat

"Para jemaah khususnya para lansia untuk tetap menjaga kesehatan dan menghindari aktivitas di luar ruang," ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Liliek Marhaendro Susilo.

"Saat ini kondisi cuaca di Madinah sedang dalam kondisi terik panas dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius," lanjutnya, di Media Center Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat di kompleks Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, baru-baru ini.

Liliek mengatakan, di tengah suhu yang berbeda dengan di Tanah Air, jemaah diminta untuk menghemat tenaga agar bisa menunaikan rangkaian haji yang utama seperti wukuf di Arafah nanti.

Biasanya, setibanya di Madinah banyak jemaah Indonesia yang melaksanakan sholat berjemaah sebanyak 40 waktu atau arbain.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x