Bendera Merah Putih Raksasa dan Ratusan Bendera Kecil Dipasang di Perbatasan Indonesia-Malaysia

- 16 Agustus 2020, 14:01 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara /


GALAMEDIA - Bendera merah putih raksasa berukuran 60 meter x 20 meter dikibarkan Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan Yonif 133/YS bersama warga di tapal batas Indonesia - Malaysia, tepatnya di Bukit Sinduk, Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Bukan hanya bendera raksasa, mereka juga memasang ratusan bendera merah putih ukuran kecil.

"Bendera merah putih ukuran raksasa dan ukuran kecil itu kami kibarkan di sebuah bukit di tapal batas dalam rangka memeriahkan HUT ke - 75 RI," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, dihubungi ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu, 16 Agustus 2020.

Baca Juga: Kecaman Presiden Erdogan kepada UEA Terkait Israel Disebut Munafik, Begini Penjelasan Para Analis

Pengibaran bendera raksasa ini, menurutnya, bukan hanya semata-mata meriahkan HUT RI, namun juga sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan jiwa nasionalisme pada masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia.
 
"Prosesi pengibaran bendera merah putih itu dilakukan dengan rangkaian acara adat oleh masyarakat setempat, seperti pemotongan bambu hingga pemotongan ayam, yang kesemuanya melambangkan rasa syukur dan sebagai penyambutan terhadap para tamu penting yang menaiki Bukit Sinduk tempat digelarnya acara," ucap Hendra. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x