UPDATE Gempa Terkini Tasikmalaya Jawa Barat, Begini Penjelasan Resmi BMKG Soal Gempa Barusan

- 4 Juni 2023, 21:39 WIB
Gempa Terkini Tasikmalaya
Gempa Terkini Tasikmalaya /BMKG


GALAMEDIA NEWS - Gempa terkini Tasikmalaya Jawa Barat dengan pusat gempa berada di Kabupaten Pangandaran dijelaskan langsung oleh Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto ST, MM dalam rilis resminya yang dikirim pada Minggu 4 Juni 2023 beberapa menit setelah gempa terjadi.

Gempa hari ini di Tasikmalaya tersebut berkuatan cukup kencang yakni 4.6 Mangitudo dengan lokasi gempa berada di kedalama 10 km dengan pusat gempa berada di laut 105 km barat daya Kabupaten Pangandaran.

Hartanto BMKG menyebutkan gempa terjadi di Tasikmalaya Jawa Barat, dengan pusat di Pangandaran tersebut terjadi pada hari Minggu, 04 Juni 2023 pukul 20:48:39 WIB.

Baca Juga: GEMPA Terkini Tasikmalaya Jawa Barat, BMKG Sebut Gempa Barusan Berpusat di Pangandaran

 


Gempa Terkini Tasikmalaya

 Baca Juga: Komunitas Balad '88 gelar Open Golf Tournament 2023, SMA Taruna Bakti Raih Gelar Best Team

Dijelaskan wilayah Kabupaten Pangandaran Jabar dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,6. Episenter terletak pada koordinat 8.43 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 105 km BaratDaya KAB-PANGANDARAN-JABAR pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Dasar Laut Lempeng Eurasia (Intraplate earthquake).

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x