Silvio Berlusconi, Mantan Perdana Menteri Italia, Meninggal di Usia 86 Tahun

- 13 Juni 2023, 08:03 WIB
Silvio Berlusconi meninggal pada hari Senin pada usia 86 tahun
Silvio Berlusconi meninggal pada hari Senin pada usia 86 tahun /Twitter @berlusconi/

GALAMEDIANEWS – Silvio Berlusconi, milliarder media mogul dan mantan perdana menteri Italia, meninggal pada hari Senin pada usia 86 tahun.

Berlusconi, yang menjabat sebagai perdana menteri dalam tiga tugas terpisah, adalah perdana menteri terlama Italia. Dia juga salah satu tokoh negara yang paling terpolarisasi, dikenal karena kepribadiannya yang flamboyan dan kebijakannya yang sering kontroversial.

Berlusconi lahir di Milan pada tahun 1936. Dia memperoleh kekayaannya di industri konstruksi dan real estate, dan dia kemudian menjadi mogul media yang sukses.

Baca Juga: (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Ciptakan Ruang Hijau untuk Perangi Polusi Udara

Pada 1990-an, ia memasuki dunia politik dan mendirikan partai politiknya sendiri, Forza Italia. Partai Berlusconi dengan cepat menjadi salah satu kekuatan paling kuat dalam politik Italia, dan dia terpilih sebagai perdana menteri pada tahun 1994.

Waktu Berlusconi di kantor ditandai dengan kontroversi. Dia dituduh korupsi, penggelapan pajak, dan kejahatan lainnya. Dia juga dikritik karena kedekatannya dengan Rusia dan dukungannya terhadap rezim otoriter.

Namun, Berlusconi tetap populer di kalangan banyak orang Italia, dan dia terpilih kembali sebagai perdana menteri pada tahun 2001 dan 2006.

Berlusconi mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada tahun 2011, tetapi dia tetap menjadi sosok yang kuat dalam politik Italia. Dia menjabat sebagai senator sampai kematiannya, dan dia terus menjadi pengkritik vokal pemerintah.

Baca Juga: Jadwal Badminton Indonesia Open 2023 Lengkap dengan Hasil Drawing Kejuaraan BWF World Tour 2023

Meninggalnya Berlusconi merupakan kerugian besar bagi Italia. Dia adalah sosok yang kompleks dan kontroversial, tetapi dia juga sosok yang transformatif.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: thesun. co.uk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x