Gedung Kesenian di Kampus ISBI Bandung Hangus Terbakar!

- 13 Juni 2023, 13:47 WIB
ilustrasi: gedung di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di Jalan Cijagra, Kota Bandung, hangus terbakar. / Pixabay @Ronaldplett
ilustrasi: gedung di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di Jalan Cijagra, Kota Bandung, hangus terbakar. / Pixabay @Ronaldplett /

GALAMEDIANEWS - Salah satu gedung di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di Jalan Cijagra, Kota Bandung, hangus terbakar. Kebakaran ini dilaporkan terjadi pada hari Selasa, 13 Juni 2023 dini hari.

 

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melaporkan bahwa si jago merah melahap salah satu bangunan pada pagi hari tadi. Berdasarkan laporan, gedung yang terbakar berada di bagian belakang komplek ISBI.

Kebakaran salah satu gedung di ISBI Bandung itu dilaporkan kepada Diskar PB Kota Bandung pada pukul 04.33 WIB. Sampai saat ini, petugas masih melakukan pemadaman di lokasi kebakaran tersebut.

SEJARAH ISBI BANDUNG

 Baca Juga: KEBAKARAN Besar di ISBI Bandung, Gedung Dewi Asri Hancur Lebur

Berawal dari aspirasi masyarakat Jawa Barat yang menghendaki adanya lembaga pendidikan tinggi seni tari di Bandung, dengan melalui Surat Keputusan Walikota-madya Bandung nomor 5539/68, tanggal 31 Maret 1968 di Bandung didirikan Konservatori Tari (KORI) yang pengelolaannya ada di bawah Pemerintah Daerah Tingkat II Kotamadya Bandung.

Atas meningkatnya animo masyarakat dan besarnya perhatian pemerintah, maka KORI ber-upaya agar keberadaannya dapat diakui sebagai lembaga formal. Dengan adanya kesepakatan antara Dirjen Kebudayaan Kantor Daerah Kodya Bandung, Pemerintah Kodya Bandung, Inspektorat Pendidikan Kesenian Jawa Barat, dan Direktur Akademi Seni Tari Indonesia di Yogyakarta, lahirlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 016/A.I/1970 tentang Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung yang merupakan kelas jauh ASTI Yogyakarta. Dengan demikian, sejak tanggal 27 Februari 1971, Konservatori Tari berubah menjadi Akademi Seni Tari Indonesia Jurusan Sunda di Bandung.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: website ISBI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah