Cerita Petugas Haji, Tak Kenal Lelah Membantu Jamaah Lansia

- 14 Juni 2023, 21:09 WIB
Petugas jamaah haji membantu jamaah lansia naik ke bus dari kursi roda.
Petugas jamaah haji membantu jamaah lansia naik ke bus dari kursi roda. /Kemenag RI/

GALAMEDIANEWS - Dengan kondisi fisik yang sudah tidak lagi prima, jamaah haji berusia lanjut (lansia) membutuhkan pertolongan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Petugas Daerah Kerja (Daker) Bandara Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi siap membantu para jamaah, termasuk menggendong dan membopong jamaah naik ke dalam bus.

Di waktu yang sudah semakin dekat dengan pelaksanaan ibadah haji 2023 ini, jamaah haji gelombang II sudah berdatangan dari tanah air, sampai di negeri tempatnya tanah suci, Arab Saudi.

Baca Juga: Film Ketiganya Terganjal, Apakah Wonder Woman Ada dalam Flash?

Banyak jamaah haji dari Indonesia berbondong-bondong datang demi melaksanakan rukun Islam ke lima ini, termasuk yang sudah berusia lanjut (lansia). Pemberangkatan jamaah haji gelombang II sudah mulai berlangsung sejak 8 Juni hingga 22 Juni 2023 nanti.

Melaksanakan ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik, karena harus menempuh perjalanan yang panjang dan jauh. Para petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara PPIH Arab Saudi siap dikerahkan untuk membantu melayani jamaah haji lansia.

Menurut data dari haji.kemenag.go.id pada 5 Januari 2023, jumlah jamaah haji lansia mencapai 62 ribu orang yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek ibadah maupun layanan lainnya.

Setelah jamaah haji sampai di Bandara Amir Mohammed bin Abdul Azis (AMAA), jamaah menggunakan bus untuk sampai ke hotel dan melaksanakan ibadah arbaun. Begitu pula dengan jamaah yang turun di Bandara King Abdulaziz International Airport (KAIA), jamaah haji melanjutkan perjalanan menaiki bus menuju Mekah untuk melaksanakan ibadah umroh qudum atau umroh wajib.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: haji.kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x