Fakta-Fakta Ibadah Haji dari Zaman Rasulullah SAW hingga Saat Ini

- 13 Juni 2023, 17:36 WIB
 Para jamaah sedang berada di sekitar Ka'bah dalam rangkaian ibadah haji/Dirjen Imigrasi.
Para jamaah sedang berada di sekitar Ka'bah dalam rangkaian ibadah haji/Dirjen Imigrasi. /

 

GALAMEDIANEWS - Ibadah Haji diwajibkan kepada umat muslim yang mampu. Karena tak semua umat muslim di dunia mampu menjalankan ibadah haji. Bukan hanya faktor materi, melainkan juga faktor fisik.

Terlebih, di awal-awal ibadah haji dilangsungkan, akses menuju Kota Mekkah sangat terbatas. Sehingga umat muslim yang berada di Mesir, Suriah, atau sekitarnya, membutuhkan waktu yang panjang untuk menuju kota suci tersebut.

Berikut sekilas cerita tentang ibadah haji dari masa ke masa:

1. Kota Mekkah berhasil ditundukkan oleh kaum Muslim pada tahun 630 masehi. Pada saat itu Kabah langsung dibersihkan dari berhala.

2. Atas perintah Nabi Muhammad SAW, pada tahun 631 Abu Bakar Ra memimpin 300 orang Muslim berhaji dimana Ali bin Abu Tholib Ra menyampaikan ritual tatacara berhaji dan Mekkah hanya untuk orang Muslim.

Baca Juga: Erick Thohir Resmi Jadi Cawapres Prabowo, Benarkah? Cek Fakta di Sini

3. Pada tahun 632, Nabi Muhammad melaksanakan haji pertama sekaligus terakhir kalinya (Haji Wada'). Beliau menyampaikan Khutbah Perpisahan di bukit Arafah.

4. Dalam perjalanan pulang, beliau berhenti di Ghadir Khum dan menyampaikan wahyu terakhir yang diterima - Surat Al-Maidah ayat 3.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x