Paul McCartney Akan Rilis Lagu Terakhir The Beatles Gunakan Bantuan AI

- 15 Juni 2023, 14:25 WIB
ilustrasi The Beatles. Rencananya The Beatles Gunakan Bantuan AI pada lagu terakhir mereka.
ilustrasi The Beatles. Rencananya The Beatles Gunakan Bantuan AI pada lagu terakhir mereka. /Tangkapan Layar Youtube/ The Beatles

 

GALAMEDIANEWS - Sir Paul McCartney memutuskan lagu terakhir The Beatles akan gunakan AI (kecerdasan buatan). Penggunaan teknologi AI tersebut diputuskan penyanyi dan bassis dari The Beatles ini.

Hal ini terungkap dalam sebuah wawancara belum lama ini bersama Radio 4 Today, dikutip dari situs The Guardian, Rabu, 14 Juni 2023.

Paul McCartney mengatakan, dia memanfaatkan AI untuk memisahkan vokal John Lennon dari rekaman demo lama yang disimpannya. Lagu tersebut rencananya akan dirilis pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Erick Thohir Minta AFA Pertahankan Kunjungan Messi ke Indonesia

"Itu berasal dari demo yang direkam John, kami dapat mengambil suara John dan membuatnya murni melalui AI." kata McCartney.

Diketahui Yoko Ono mengirimkan demo beberapa lagu yang dibuat oleh John Lennon sebelum meninggal dunia karena ditembak pada 1980. Demo lagu tersebut memang dikhususkan untuk Paul McCartney karena tertulis "Untuk Paul" di labelnya.

“Sebagian besar direkam ke boombox saat Lennon duduk di depan piano di apartemennya di New York. Liriknya, yang dimulai dengan 'Aku tahu itu benar, itu semua karena kamu/Dan jika aku berhasil, itu semua karena kamu' adalah tipikal dari lagu cinta apologetik yang ditulis Lennon di akhir karirnya,” terangnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: The Guardian Deadline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x