Kemenag Wujudkan Haji Ramah Lansia dengan 9 Ikhtiar Berikut!

- 18 Juni 2023, 11:40 WIB
Kemenag canangkan Haji Ramah Lansia
Kemenag canangkan Haji Ramah Lansia /@kemenag_ri/

GALAMEDIANEWS - Musim haji telah tiba, Kemenag terus berusaha mewujudkan haji ramah lansia dengan ikhtiar berikut ini!

Para  jamaah haji yang berusia 65 tahun ke atas di tahun 2023 ini terdata sebanyak 30% atau mencapai 67.000 orang dari total jamaah haji Indonesia yang berjumlah 229.000. 

Kementerian agama atau Kemenag akan terus ikhtiar mewujudkan pelayanan terbaik untuk para jamaah haji lansia. Oleh karena itu, kemenag mencanangkan tagline Haji Ramah Lansia guna mewujudkan upaya optimalisasi layanan kepada jamaah haji Indonesia khusus nya para lansia. 

Adapun 9 ikhtiar yang dilakukan kemenag untuk mewujudkan haji ramah lansia adalah sebagai berikut: 

  1. Melibatkan ahli geriatri dari Universitas Indonesia untuk merumuskan konsep layanan, prosedur operasional, sekaligus melakukan pemantauan dan pengawasan kesehatan jamaah haji lansia saat operasional.
  2. Menyusun buku pedoman Manasik Haji Ramah Lansia dan mensosialisasikannya sejak di tanah air, melalui proses manasik haji bagi jamaah, sebanyak 8-10 kali baik di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan maupun Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
  3. Menjalankan mekanisme layanan satu atap dan mengurangi kegiatan seremonial di embarkasi agar jamaah tidak kelelahan. Tiap embarkasi sejak awal diimbau tidak terlalu lama menggelar seremonial dan tidak melibatkan jemaah lansia agar mereka dapat istirahat di kamar masing-masing.
  4. Menggelar bimbingan teknis bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan penekanan pada semangat Haji Ramah Lansia. Bimtek tahun ini dikemas secara berbeda. Selain penanaman nilai, bimtek juga diisi pelatihan praktis penanganan jemaah lansia dan risti atau ibu hamil yang berisiko, baik dari aspek kesehatan, perlindungan, dan lainnya.
  5. Menyediakan ruang tunggu khusus dan skema penempatan jamaah lansia di hotel Ada prosedur pelayanan di hotel jemaah, antara lain menyiapkan lobby dan lift prioritas lansia serta menempel stiker berisi informasi seputar lansia pada banyak titik di hotel jamaah.
  6. Menyiapkan sarana transportasi utamanya bus shalawat yang mengantar jamaah haji dari hotel ke Masjidil Haram pergi pulang yang mudah diakses dan ramah lansia.
  7. Mengedukasi jamaah lanjut usia tidak memaksakan diri dan memberikan pemahaman agar tentang berbagai alternatif kemudahan dalam ibadah haji. 

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: @Kemenag_RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah