Anies Sebut Temuan Kasus Baru Corona di Jakarta Bukan Kabar Buruk Tapi Menggembirakan, Kok Bisa Ya?

- 20 Agustus 2020, 20:39 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. /ANTARA/Wahyu Putro A/RT

GALAMEDIA - DKI Jakarta hingga saat ini tercatat sebagai provinsi dengan penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Tanah Air. Angka penambahan per hari pun masih cukup tinggi.

Kasus-kasus baru pun terus bermunculan. Namun di mata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, penemuan kasus baru Covid-19 bukanlah kabar buruk. Anies bahkan menyebutnya sebagai sesuatu yang menggembirakan.

Ia pun meminta agar persepsi masyarakat Jakarta dalam melihat kasus Covid-19 perlu ditata ulang. Dengan penemuan kasus baru, maka bisa dilakukan isolasi sehingga risiko penularan wabah semakin kecil.

Baca Juga: Beredar Kabar Prabowo Digeser Jadi Menteri Pertanian, AHY dan Sandiaga Uno Masuk Kabinet?

"Kita bangun kesadaran sama-sama. Sering kali kalau dengar ditemukan kasus positif, diasosiasikan sebagai kabar buruk," tutur Anies di Jakarta, Kamis, 20 Agustus 2020.

Ia menilai, jika ditemukan kasus positif dalam kondisi wabah artinya kabar baik. "Karena kalau tidak ditemukan, mereka bepergian ke mana-mana menularkan wabah," ujarnya.

Sejauh ini, Anies mengklaim pihaknya gencar melakukan pelacakan kasus Covid-19 dengan menyasar 40 ribu penduduk Jakarta per pekan. Jumlah yang disasar di atas standar yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sehingga tidak heran jika kasus harian di Jakarta meningkat tajam.

Baca Juga: Ganjil-Genap di Jakarta Ditiadakan, Tapi...

Anies mengatakan, jika pelacakan terhadap warga pengidap penyakit menular itu dilakukan sekadarnya saja, maka akan berimbas fatal. Apalagi saat ini sebagian besar kasus baru yang ditemukan adalah orang tanpa gejala.

"Karena dikejar, maka ketemu. Karena ketemu, angka positif jadi tinggi. Kalau mereka tidak ketemu sedang berkeliling tanpa sadar karena 2/3 tidak bergejala," terangnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x